IKLAN
Mataram

Walikota Mataram Diganjar Penghargaan Nasional, Kali Ini di Bidang Inovasi Ekonomi

Mataram (NTB Satu) – Setelah meraih penghargaan dalam bidang pengendalian inflasi beberapa waktu lalu, Wali Kota Mataram, Mohan Roliskana kembali meraih penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 yang diselenggarakan oleh MNC Portal Indonesia pada Kamis, 22 September 2022 di Semarang.

Penghargaan pada kategori ekonomi itu diraih atas inovasi Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram dalam membangun dan menata perekonomian masyarakat Kota Mataram pasca pandemi Covid-19.

IKLAN

“Untuk inovasi dalam bidang ekonomi sendiri, Walikota Mataram mengangkat budaya dan kearifan lokal, sekaligus mengenalkan hasil kreativitas para perajin di Ibu Kota Provinsi NTB melalui lomba fashion show batik Sasambo (Sasak, Samawa, Mbojo),” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram, I Nyoman Suwandiasa.

Bahkan Pemkot Mataram juga membuat kebijakan, dimana pejabat dan ASN di Kota Mataram diharuskan mengenakan batik Sasambo secara berkala, guna meningkatkan produksi batik Sasambo hingga berdampak pada perekonomian perajin dan UMKM di Kota Mataram.

Selain itu, Pemkot Mataram juga berinovasi menekan laju inflasi dengan membuat Kampung Tanggap Inflasi di beberapa wilayah Kota Mataram.

Kampung Tanggap Inflasi ini, memanfaatkan pekarangan rumah sebagai tempat menanam sayur-sayuran untuk memenuhi kebutuhan dapur keluarga, supaya tidak terlalu bergantung pada ketersediaan pasar.

“Hasilnya, pengendalian inflasi di Kota Mataram terkontrol dengan baik, hal ini dibuktikan dengan penghargaan tertinggi yang di terima Wali Kota Mataram pada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Awards tahun 2022 yang digelar di Jakarta beberapa waktu yang lalu,” tutup Nyoman. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button