Mataram

Dinas Perpustakaan Kota Mataram Tingkatkan Jumlah Pengunjung Lewat Kerja Sama dengan Sekolah

Mataram (NTB Satu) – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kota Mataram sedang menggenjot kerja sama dengan beberapa sekolah dari tingkat PAUD hingga SMP se-Kota Mataram guna meningkatkan jumlah kunjungan perpustakaan setiap harinya.

Diarpus Kota Mataram menargetkan kerja sama dengan sebanyak-banyaknya sekolah di Kota Mataram. Namun capaian kerjas sama saat ini baru dengan beberapa sekolah.

“Kami sudah bekerja sama dengan SD IT Abata dan TK Putra. Besok ini akan ada MoU dengan SDN 5 Mataram,” ujar Kepala Bidang Layanan dan Pembinaan Layanan Diarpus Kota Mataram, Nining Ernawati pada Jumat, 29 Juli 2022.

Dengan adanya kerja sama tersebut, diakui Nining kunjungan siswa hasil kerja sama tersebut hingga ratusan orang tiap harinya.

“Mereka mau lebih banyak, tetapi kemarin kita batasi 129 per hari sesuai kapasitas kami. Siswa ini langsung dibuatkan kartu perpustakaan,” imbuh Nining.

Sedangkan pengunjung biasa di luar kerja sama, jumlahnya diklaim berkisar 40 hingga 50 orang.

Untuk membuat para siswa tersebut betah belajar di sana, Diarpus Kota Mataram membuat program “Gembira di Perpustakan.” Dalam program tersebut, 13 putakawan mengajak para siswa untuk membaca suatu pelajaran lalu siswa yang berani bercerita kembali di depan temannya akan diberikan hadiah.

Selain itu, pengunjung yang paling sering meminjam buku di Diarpus Kota Mataram dalam kurun satu tahun juga diberikan hadiah berupa fasilitas belajar seperti tas dan sepatu.

Pada tahun ini, target pengunjung Diarpus sebanyak 6.000 orang, angka yang sama dari tahun sebelumnya. Sedangkan capaian kunjungan pada tahun sebelumnya mencapai 9 ribu orang. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button