Advertorial

Tiga Pekan PIRN XX di NTB Diwarnai Antusiasme Peserta dan Diisi Berbagai Kegiatan

Mataram (NTB Satu) – Rangkaian Kegiatan PIRN XX NTB dimulai dengan registrasi dan penjemputan peserta menuju pusat kegiatan di BPSDM Provinsi NTB. Minggu 10 Juli 2022.

Kegiatan Pekan Pertama

IKLAN

Proses penjemputan para peserta dilakukan secara bertahap sesuai dengan jadwal kedatangan di titik penjemputan. Titik penjemputan peserta dilakukan pada dua titik yaitu Bandara Internasional Zainudin Abdul Majid dan Terminal Mandalika. Tercatat sampai hari ini, terdapat sebanyak 241 peserta yang akan hadir di tempat kegiatan. Para peserta merupakan Siswa-Siswi beserta Guru pendamping dari seluruh daerah di Indonesia.

Setelah melakukan registrasi, para peserta akan diantar ke Wisma Tambora dan Wisma Praja untuk beristirahat sebelum mengikuti kegiatan selanjutnya. Para peserta nantinya akan mendapatkan briefing kegiatan oleh panitia pada pukul 19:30 waktu setempat. Briefing ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada seluruh peserta mengenai hal – hal yang harus dipersiapkan selama kegiatan PIRN.

Keesokan harinya para peserta akan mengikuti Acara Pembukaan PIRN XX NTB di Aula Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur Provinsi NTB.

Pekan Kedua

Setelah mengikuti pembukaan Pekan PIRN dihari sebelumnya, para peserta mulai mempersiapkan diri untuk melakukan penelitian. Nantinya para peserta akan mulai mengambil sampel di beberapa titik yang sudah ditentukan oleh panitia.

pengambilan sampel ini dilakukan secara bergelombang, siswa yang tergolong kedalam kelompok IPATEK akan mengambil sampel pada tanggal 12 Juli 2022, sedangkan untuk siswa yang tergolong dalam IPSK akan mengambil sampel pada tanggal 13 Juli 2022.

Oleh karena itu, hari ini siswa yang tergolong kedalam kelompok IPATEK akan mengambil sampel penelitian terlebih dahulu. Sebanyak 175 peserta yang terdiri dari Siswa dan Guru pendamping kelompok IPATEK berangkat dari Kantor BPSDM menuju Gili Trawangan dan Gili Meno. 

Selama di Gili, peserta mulai melakukan penelitian dengan pengambilan sampel. Peserta mengambil sampel berupa tanah, air dan karang di beberapa titik di Gili Meno. Titik pengambilan sampel tersebut seperti danau, air sumur warga, air laut, dan air keran warga. Sama seperti pengambilan sampel di Gili Meno, pengambilan sampel di Gili Trawangan juga melakukan hal yang sama, yang membedakannya adalah ada tambahan pengambilan sampel mengenai abrasi air laut yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara oleh peserta.

Pada saat pengambilan sampel para peserta menggunakan peralatan yang sudah disediakan seperti PH Meter, Botol Sampel, Pipet, dan Timbangan. Sembari mengambil sampel penelitian para peserta juga bersenang-senang dan membangun kekompakkan dengan membuat konten tiktok.

Setelah mengambil sampel, peserta IPATEK mengunjungi BILD (Balai Industri Laut Daerah)untuk mengenal tugas dan fungsi pokok BILD, melihat biota laut dan fasilitas laboratorium yang tersedia disana.

Selanjutnya sampel yang di dapat oleh peserta akan di uji di laboratorim Universitas Mataram pada keesokan harinya.

Pekat Ketiga PRIN

Setelah sebelumnya peserta yang tergolong dalam kelompok IPATEK mengambil sampel penelitian, Hari ini (13/07/2022) giliran peserta yang tergolong dalam kelompok IPSK mulai mengambil sampel penelitian di Gili Trawangan dan Gili Air.

Terdapat sebanyak 129 peserta yang berangkat dari tempat kegiatan utama (Kantor BPSDM) menuju pulau Gili untuk mengambil sampel. 

Pengambilan sampel kali ini difokuskan pada bidang sosial. Setiap kelompok dari masing – masing peserta diberikan tema khusus yang harus diteliti oleh seluruh peserta dengan melakukan observasi dan wawancara di masyarakat sekitar Gili Trawangan dan Gili Air. Tema dari penelitian ini antara lain Prospek penerapan kebijakan Wisata Halal di Gili Air dan Kearifan lokal dan konservasi lingkungan di wilayah Gili Trawangan. 

Sesampai di Gili, para peserta kemudian di-briefing oleh LO dari masing – masing kelompok, briefing ini nantinya dimaksudkan untuk menyiapkan para peserta mengenai hal – hal yang harus mereka siapkan sebelum melakukan penelitian berdasarkan tema yang sudah dibagi sebelumnya, termasuk titik – titik pengambilan sampel penelitian yang harus mereka kunjungi. (r)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button