Daerah NTB

Kecuali Kota Mataram, Seluruh Kabupaten dan Kota di NTB Diprediksi Alami Kekeringan

Mataram (NTB Satu) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana memprediksi NTB bakal mengalami bencana kekeringan dalam waktu dekat. Dari seluruh kabupaten dan kota di NTB, Kota Mataram diprediksi tidak akan mengalami kekeringan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, H. Sahdan S.T., M.T., mengatakan, posisi Kota Mataram yang terletak di dataran rendah menyebabkan seluruh sumber air terkumpul di Mataram. Oleh sebab itu, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dapat menarik seluruh sumber air menuju Kota Mataram.

IKLAN

“PDAM tidak akan mengalami kesulitan apapun untuk menarik air dari seluruh sumber yang ada,” ungkap Sahdan, dihubungi NTB Satu, Rabu, 6 Juli 2022.

Sampai saat ini, BPBD NTB belum mendapatkan laporan mengenai jumlah desa di NTB yang berpotensi mengalami kekeringan pada 2022. Dampak dari kekeringan tidak tunggal. Berbagai sektor, terutama pertanian sebagai pengguna air terbanyak perlu diberi perhatian lebih besar. Terutama karena sektor pertanian berperan sebagai penentu keberhasilan ketahanan pangan.

BPBD NTB telah menghitung seluruh jumlah mobil tangki air di tingkat kabupaten dan kota untuk antisipasi waspada kekeringan.

“Kami sudah menyiapkan rencana penanggulangan jangka pendek,” terang Sahdan.

IKLAN

Terkait dengan anggaran, BPBD NTB memiliki Belanja Tidak Terduga (BTT). Apabila NTB dipastikan mengalami kekeringan, BTT dapat langsung digunakan. Namun, Sahdan belum dapat memastikan jumlah BTT yang tersedia.

“Penggunaannya nanti akan menyesuaikan dengan kebutuhan,” papar Sahdan.

Terkait dengan rencana jangka panjang dalam mengantisipasi kekeringan, BPBD NTB bakal membangun sumur bor serta terus merawat bendungan.

“Untuk sementara, dua hal tersebut menjadi strategi andalan. Semoga NTB terhindar dari kekeringan panjang,” pungkas Sahdan. (GSR)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button