NTB

Linda Aulia dan Ramli Jadi Wakil NTB di Asean Competition XIII Tingkat Nasional

Mataram (NTB Satu) – Dua perwakilan Provinsi NTB akan berkompetisi di tingkat nasional pada ajang Asean Competition XIII pada September 2022 ini. Setelah terseleksi di tingkat daerah.

Keduanya adalah Linda Aulia mewakili SMK 4 Mataram, yang keluar sebagai juara I pada kategori fashion technologi dan Ramli, perwakilan dari SMK 1 Praya yang juga juara I pada kategori restoran service. Keduanya terseleksi pada ajang Asean Competition XIII yang diselenggarakan di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Seluruh SMK di NTB dari jurusan terkait mengikuti kompetisi ini. Setelah dilakukan penjurian yang melibatkan juri dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker), professional, dan juri dari daerah, akhirannya ditetapkan juara I, II dan III pada masing-masing kategori dalam kompetisi ini.

Selama kompetisi ini, para peserta diuji untuk berkreasi. Misalnya untuk kategori fashion technologi, peserta diberi tantangan memanfaatkan sepotong kain berukuran 1,5 meter menjadi pakaian berkualitas.

Linda Aulia keluar sebagai yang terbaik karena berhasil membuat blazer dan mampu memanfaatkan teknologi konveksi dengan baik.

Sementara Ramli, keluar sebagai juara terbaik karena sudah mampu memberikan penampilan terbaik dalam hal pelayanan kepada tamu hotel dan restoran.

Penghargaan diserahkan langsung Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi, S.Sos, M.H di Hotel Grand Madani Mataram, Jumat 10 Juni 2022.

Kepala dinas menitipkan, dalam persiapan menghadapi kompetisi Asean Competition XIII Tingkat Nasional, diharapkan peran pendamping, dan guru masing-masing peraih juara untuk mempersiapkan dengan sebaik-baiknya.

“Perjalanan masih panjang. Ini baru permulaan, karena harus berkompetisi di tingkat nasional, dan kita berharap perwakilan dari NTB akan mampu melaju hingga kompetisi tingkat Asean,” katanya.

Kepala Dinas meminjam istilah yang sering disampaikan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah bahwa, langkah panjang dimulai dari langkah pertama.

“Langkah pertama sudah dimulai melalui kompetisi yang dilaksanakan di daerah,” jelas Gede.

Para perwakilan NTB ini diminta mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Agar terus belajar menghadirkan ide-ide kreatif pada masing-masing kategori. NTB saat ini tengah menjadi sorotan dunia dengan adanya Sirkuit Mandalika dan terselenggaranya MotoGP pada Maret 2022.

Selain itu, NTB tengah mematangkan kesiapan menjadi tuan rumah balap motorcross internasional yang akan dilaksanakan di Sirkuit MXGP Samota pada bulan Juni 2022 ini.

“Semoga nama baik NTB kedepannya diperkuat oleh perwakilan-perwakilan kita ini. Semoga bisa ikut berkompetisi di tingkat internasional,” imbuhnya.

Kepala Dinas menambahkan, hasil dari Asean Competition XIII Tingkat Provinsi NTB ini menunjukkan bahwa SDM-SDM lokal tidak boleh dipandang sebelah mata. Melihat penilainnya yang mampu melampaui standar nilai yang ditentukan panitia.

“Artinya SDM kita memiliki kemampuan untuk bersaing. Bersaing dalam dunia fashion teknologi, dan bersaing dalam dunia pariwisata. Berarti orang kita siap mengakselerasi NTB yang saat ini tengah menjadi perhatian dunia,” demikian Gede Aryadi. (ABG)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button