Kota Bima

Ajang Bergengsi Kompetisi Panjat Tebing Wali Kota Bima Cup 2024 Segera Bergulir

Kota Bima (NTBSatu) – Federasi Panjat Tebing Indonesia dalam waktu dekat akan melaksanakan kejuaraan yang diberi label Wall Climbing Competition Wali kota Cup 2024.

Kejuaraan ini mengusung tema “Jadikan Kota Bima Kota Olahraga.” Yang mana rencananya akan dipertandingkan 14 nomor baik lead maupun speed classic untuk tingkat SD, SMP, SMA dan Umum se-Nusa Tenggara Barat.

Perhelatan akbar kompetisi akan dilaksanakan pada awal Juli 2024. Bertempat di Wall Climbing Centre Kota Bima dan akan dihadiri oleh seluruh atlit/pelajar se-NTB.

Adapun rencananya, panitia penyelenggara menyediakan sejumlah hadiah, di antaranya uang tunai sebesar Rp25 juta, medali, dan piagam.

IKLAN

Ketua Harian Federasi Panjat Tebing (FPTI) Kota Bima, M. Fauzi menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan bukan tanpa alasan. Kejuaraan ini memang sengaja diselenggarakan sesuai dengan program kerja FPTI Kota Bima tahun 2024.

Mengingat, tahun 2023 panjat tebing sukses melaksanakan kejuaraan yang sama. Namun saat itu hanya se-Kota Bima.

“Yang pas pada waktu itu kegiatan pertama beliau pasca-pelantikan sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Bima pada bulan November 2023,” kata Fauzi, Senin, 10 Juni 2024.

Sebagai infomasi, cabang olahraga (cabor) panjat tebing yang dibina oleh KONI Kota Bima adalah salah satu cabor unggulan Kota Bima dengan torehan prestasi mampu menjadi juara umum pada ajang Porprov 2023 di Mataram.

Berita Terkini:

Saat itu, Panjat Tebing Kota Bima diperkuat oleh salah satu atlit dunia, yakni Nurul Iqamah.

“Nurul Iqamah sendiri tercatat sebagai atlit terlama mengikuti Pelatnas di Jakarta 7 tahun hingga sekarang,” ujarnya.

Terhadap pelaksanaan kegiatan ini, ujar Fauzi, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Pj Wali Kota Bima, H. Mohammad Rum.

“Dan Alhamdulillah beliau sangat mendukung kegiatan semacam ini. InsyaAllah karena ini memperebutkan piala tetapnya (Wali Kota Bima, red) dia akan mendukungnya,” ungkap Fauzi.

Fauzi berharap, menjelang pelaksanaan event, agar sarana yang dimiliki saat ini diperbaiki. Mengingat kondisinya sekarang sudah tidak layak.

“Banyak yang kropol kaki-kaki konstruksi dinding. Sehingga kami berharap adanya perbaikan dalam waktu dekat termasuk pemasangan multipleks di sisi barat untuk nomor lomba kecepatan/speed,” harapnya.

Program ini adalah salah satu tujuan untuk pencarian bibit atlit, dengan harapan muncul atlit nasional seperti Nurul.

Tentu dalam hal ini perhatian perintah pusat sangat dibutuhkan, melalui program pencarian atlet berbakat yang hanya ada di dua provinsi di Indonesia khusus cabor panjat tebing.

“Berkesinambungan program inilah yang menjadi perhatian pemerintah Kota Bima,” pungkasnya. (MYM)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button