Daerah NTB

Pastikan Harkamtibmas di Bulan Puasa, Ditsamapta Polda NTB Rutinkan Patroli

Mataram (NTB Satu) – Untuk menjamin bulan Ramadhan 1443 H berjalan kondusif, Direktorat Samapta Polda NTB merutinkan kegiatan patroli. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan Harkamtibmas saat Bulan Suci Ramadan 1443 H berjalan kondusif.

“Bulan Ramadan kadang identik dengan masyarakat yang membunyikan petasan, namun belakangan ini masyarakat banyak melakukan kegiatan yang berpotensi menjadi gangguan Kamtibmas,” jelas Direktur Samapta Polda NTB Kombes Pol Frido Situmorang, saat dikonfirmasi, Kamis 7 April 2022.

IKLAN

Dijelaskan Frido, Patroli Harkamtibmas merupakan kegiatan rutin yang ditingkatkan. Hal ini mengacu pada peraturan Kapolri Nomor 1 tahun 2019 tentang sistem, manajemen dan standar keberhasilan operasional Polri.

“Patroli Harkamtibmas ini tidak mengesampingkan kegiatan rutin yang ada” imbuhnya.

Untuk itu, seluruh kegiatan tetap berjalan, dengan menerapkan pola waktu menyesuaikan perkembangan situasi dan peningkatan aktifitas masyarakat selama bulan Ramadan.

Seperti halnya saat menjelang buka puasa, masyarakat banyak beraktifitas di luar rumah untuk mencari kebutuhan berbuka.

IKLAN

Demikian juga pasca-salat tarawih banyak masyarakat yang mengunjungi pertokoan untuk mencari kebutuhan Idul Fitri maupun menjelang sahur.

“Penerapan pola waktu ini diimbangi dengan manajemen personil dan kebutuhan perlengkapan, sehingga bagi personil yang melaksanakan ibadah puasa tetap dapat menjalankan ibadahnya,” terang Frido.

Kegiatan yang dilakukan anggota Ditsamapta dalam patroli ini antara lain, memberikan imbauan di jalan tertentu, guna mencegah gangguan kamtibmas maupun kriminalitas lainnya.

Kombes Pol Frido Situmorang juga mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama menjaga situasi di bulan Ramadan agar tetap terpelihara kondusif.(MIL)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button