MataramPendidikan

Bambang Hari Kusumo Lengserkan Rektor Petahana Unram

Mataram (NTB Satu) – Nama Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St Ph.D., tengah menjadi perbincangan hangat. Pasalnya, ia berhasil mengalahkan petahana Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum dalam pertarungan merebut kursi Rektor Universitas Mataram.

Selasa, 8 Februari 2022, Senat Universitas Mataram menggelar Rapat Khusus Senat bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) yang diwakili oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek dalam rangka Pemilihan Calon Rektor Universitas Mataram.

IKLAN

Pemilihan untuk Periode 2022-2026 itu berlangsung di Ruang Sidang Senat, Rektorat Unram.

Dalam Rapat Khusus Senat tersebut, turut hadir ke tiga Calon Rektor yaitu; Dr. H. Djumardin, S.H., M.Hum., Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D., dan Prof. Dr. Lalu Husni., S.H., M.Hum.

Ketua Senat Unram Prof. Agil Al Idrus., M.Si mengatakan, jika proses pemilihan Rektor Unram terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap penjaringan, tahap penyaringan, tahap pemilihan dan penetapan/pelantikan.

“Hari ini kita melaksanakan tahapan yang ketiga yaitu melakukan pemilihan calon rektor Unram periode 2022-2026,” papar Prof. Agil, dikutip dari rilis resmi Universitas Mataram.

Berdasarkan hasil perhitungan suara Pemilihan Calon Rektor Universitas Mataram Periode 2022-2026, Dr. H. Djumardin, SH., M.Hum mendapatkan 0 (nol) suara, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St Ph.D., mendapatkan suara 49 (empat puluh Sembilan) suara dan Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum., mendapatkan 43 (empat puluh tiga) suara. Hasil perhitungan suara tersebut dituangkan dalam berita acara Nomor 1973/UN18/KP/2022.

“Alhamdulillah dalam proses yang dilaksanakan secara demokratis dengan persiapan yang begitu baik sehingga semua lancar, lancarnya itu dapat dilihat dari jumlah anggota senat yang berjumlah 60 orang semua hadir memberikan suara secara luring,” jelas Prof. Agil.

Dari perolehan suara, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St Ph.D., ditetapkan sebagai Rektor terpilih perguruan tinggi negeri tersebut. Prof. Bambang bakal menjabat mulai dari 2022-2026 dan keputusan itu telah dituangkan dalam berita acara Nomor 1974/UN18/KP/2022.

“Hasil ini nantinya akan dikirim kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), tahap selanjutnya adalah penetapan/pelantikan Rektor pada tanggal 7 Maret 2022 nanti,” tutup Prof. Agil. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button