Business

Sambut MotoGP, Pemprov NTB Bangun Pusat Kuliner Senilai Rp 4,2 Miliar

Mataram (NTB Satu) – Sirkuit International Pertamina Mandalika Lombok saat ini menjadi pusat perhatian, karena dipilih menjadi tempat digelarnya berbagai kejuaraan balapan kelas dunia.

Menyambut itu, Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Perdagangan sedang berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan RI rencana membangun pusat perbelanjaan kuliner di sekitar kawasan sirkuit.

IKLAN

Sekretaris Dinas Perdagangan NTB, Baiq Nelly Yuniarti, AP., M.Si, mengatakan, rencana pembangunan akan langsung difasilitasi oleh pemerintah pusat dengan kucuran dana sebesar Rp. 4,2 Miliar.

Dikatakan Nelly, program pusat kuliner nantinya akan memanfaatkan bekas terminal haji di kawasan Bandara International Lombok (BIL).

“Dari sisi perdagangan, Kementerian Perdagangan akan memfasilitasi rencana pembangunan pusat jajanan kuliner bertempat di eks terminal haji. Pemerintah pusat dikabarkan akan sediakan dana sekitar Rp 4,2 Miliar,” ungkapnya.

Menurut Sekdisdag NTB, pihaknya saat ini sedang mengajukan permohonan mempercepat pencairan anggaran yang fantastis itu.

“Kita sedang mengajukan permohonan bintang agar anggaran bisa dicairkan,” kata Nelly.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa lapak di pusat perbelanjaan kuliner ke depan, bisa dimanfaatkan oleh banyak pihak terutama bagi pelaku usaha kuliner di NTB.

Di lapak itu nantinya akan disiapkan juga sarana pendukung seperti musala, toilet dan tempat parkir yang memadai, sehingga pengunjung bisa berlama-lama di lokasi.

Meski desain programnya dari Kemendag langsung, Nelly menekankan produk kuliner yang akan dipasarkan nanti tidak hanya khas dan murah meriah, tetapi mesti bersih dan higenis.

“Kita ingin kuliner kita tampil tidak terkesan tidak rapi dan kumuh walau murah meriah,” cetusnya.

Berikutnya ia berharap, semoga rencana tersebut bisa segera terealisasi sehingga banyak pelaku usaha terserap dan perekonomian NTB dapat bertumbuh dengan baik.

“Kita berharap di pusat perbelanjaan nanti menjadi pasar untuk kuliner kita semua di NTB,” pungkas Nelly. (DAA)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button