Lombok Tengah

Jalur Bypass BIL – Mandalika Harus ‘Cantik’ Sebelum Jokowi Datang

Mataram (NTB Satu) – Selain fasilitas yang harus memadai, aspek kecantikan di kawasan Mandalika juga menjadi konsentrasi pemerintah menjelang event MotoGP yang dihelat Maret 2022. Misalnya semua area perbukitan, baik di sekitar Bypass maupuan di kawasan Mandalika akan dihijaukan dengan teknologi terbaru.

“Semua bukit itu akan dihijaukan, baik yang ada di Bukit Menangis dan bukit-bukit lainnya akan dihijaukan dengan tenologi yang baru. Akan dipasang seperti jaring-jaring gitu. Dari jaring-jaring itu akan ditanam bunga,” kata Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB Ir. H Ridwan Syah, Senin 10 Januari 2022.

IKLAN

Ia mengatakan, upaya mempercantik tidak hanya di kawasan perbukitan, namun juga di sepanjang jalan Bypass BIL – Mandalika sepanjang 17,3 Km dan di semua bundaran. Ini juga sejalan dengan permintaan Presiden yang menginginkan agar jalan Bypass harus dipercantik sebelum MotoGP digelar.  

“Presiden meminta ruas jalan Bypass itu harus cantik, Bundaran Sunggung dan Bundaran Bizam dan jalan Bypass BIL-KEK Mandalika sepanjang 17,3 Km,” ujarnya.

Di sana akan ada proyek pembangunan tahap dua Bypass Mandalika yang dibiayai sepenuhnya oleh Kementerian PUPR.

Proyek jalur lamban Bypass BIL – Mandalika di awal tahun ini belum akan dilakukan pengaspalan, melainkan masih berupa jalur tanah. Namun demikian, di sepanjang jalur lamban itu akan ditamai rumput sehingga akan terlihat hijau di sepanjang jalan dan di kiri kanannya akan ditanami pohon pelindung.

“Di tengahnya akan ditanami pohon bougenville, sehingga bulan Maret  saat MotoGP berlangsung sudah hijau dan bagus. Beautifikasi bundaran-bundaran, termasuk di Kuta – Keruak sepanjang 5,3 Km akan ditangani oleh Dirjen Cipta Karya Kementerina PUPR,” ujar Ridwan Syah. (DIN)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button