Business

Harga Minyak Goreng di NTB Tembus Rp. 17.800, Solusinya Subsidi dari Pusat

Mataram (NTB Satu) – Harga minyak goreng terus meroket, diperkirakan mencapai angka Rp 17.800 per liter. Tidak hanya di NTB, bahkan terjadi secara nasional. Diketahui, kenaikan dipicu melonjaknya harga Crude Palm Oil (CPO) di pasar global.

Sekretaris Dinas Perdagangan NTB, Baiq Nelly Yuniarti, AP., M.Si., mengatakan, salah satu solusi mengantisipasi meroketnya harga minyak goreng, yaitu dengan mendatangkan minyak goreng subsidi.

IKLAN

Distribusi minyak goreng subsidi ke NTB sedang diupayakan Kementerian Perdagangan RI untuk menekan kenaikan harga di daerah.

”Kami sedang berkoordinasi. Sedang diupayakan oleh Kementerian Perdagangan untuk distribusi minyak goreng subsidi,” ujarnya dikonfirmasi ntbsatu.com, Selasa, 11 Januari 2022.

Lebih lanjut, Nelly menyampaikan, harga minyak goreng subsidi di tingkat konsumen dipatok harga Rp 14 ribu per liter.

Sekretaris Dinas Perdagangan NTB, Baiq Nelly Yuniarti. Foto : Ananami

Namun, khusus di NTB sendiri, penyaluran minyak goreng subsidi masih dikhawatirkan akan menemui kendala.

Salah satunya adalah belum ada distributor atau produsen yang bisa menampung seluruh minyak kemasan murah bersubsidi tersebut.

Beberapa distributor ditemuinya berada di sekitar Jawa Timur. Saat ini, Dinas Perdangangan NTB tengah berkoordinasi agar di NTB memiliki sub agen distributor lokal resmi.

“Kendala kita belum ada banyak distributor yang menampung minyak bersubsidi itu,” jelas Sekdisdag NTB itu.

Selain minyak goreng, pihaknya menegaskan bahwa harga komoditas lainnya masih relatif stabil. Meskipun akhir-akhir ini memang masyarakat sedang mempersoalkan kisruh murahnya harga bawang dan pupuk yang mahal.

Tetapi, ia menjelaskan akan tetap memantau dan mengatensi segala turun dan naiknya harga suatu komoditas ini.

“Selain harga minyak goreng, komoditas yang lain masih stabil meski ada kenaikan sedikit harga. Sekarang mayarakat memang lagi ributkan harga pupuk yang mahal. Hal ini tetap kita pantau,” terangnya. (DAA)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button