Sport

NTB Jadi Tuan Rumah MXGP 2022 Sebelum Jakarta, Catat Jadwalnya

Mataram (NTB Satu) – Sukses menggelar Idemetsu Asia Talent Cup (IATC) dan Wolrd Superbike (WSBK), NTB mendapat kepercayaan lagi jadi tuan rumah event motor sport kelas dunia,  Motocross Grand Prix atau MXGP.

NTB ada diantara slot tuan rumah Jakarta pada Juni dan Semarang pada Bulan Juli.

IKLAN

Pengumuman itu datang dari Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah, menyampaikan NTB mendapat jatah menggelar  MXGP pada 26 Juni 2022 mendatang.

Bang Zul sapaan akrab Gubernur menjelaskan, selain WSBK dan MotoGP, NTB mendapat panggung kehormatan karena menjadi tuan rumah gelaran MXGP.

“Bukan hanya MotoGP dan WSBK, MXGP Insya Allah 26 Juni akan dilaksanakan juga di NTB,” tulisnya dikutip dari akun Facebooknya, Sabtu, 27 November 2021.

Bang Zul mengatakan telah bertemu dengan Wakil Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) membahas gelaran MXGP di NTB pada Juni 2022 mendatang.

“Malam ini dengan Mas Heppy Wakil Ketua Umum IMI Pusat sepakat untuk mengadakan MXGP di NTB tanggal 26 June 2022. Kebetulan 22 June itu jatah Indonesia,” ujarnya.

Menurut jadwal dilansir dari mxgp.com tahun depan, Indonesia akan ditunjuk jadi tuan rumah pada Juni dan Juli 2022. Jadwal pertama NTB pada 22 Juni, namun lokasi masih tentatif.

Tuan rumah berikutnya kembali ke jadwal semula, tanggal 26 Juni di sirkuit Motorcross Ancol Jakarta. Indonesia masih akan jadi tuan rumah pada Juli, tepatnya tanggal 3 Juli di Semarang, berlangsung di International Motorcross Track Bukit Semarang Baru.

Khusus NTB mengenai lokasi sirkuit, Zulkieflimansyah mengatakan masih dalam pembahasan. Ada tiga alternatif yang menjadi tempat digelarnya MXGP di NTB.

Diantaranya adalah Pulau Lombok, Tambora dan Moyo di Pulau Sumbawa.

“Lombok, Tambora dan Moyo alternatif tempatnya,” sebutnya.

Menurut Gubernur, logistik yang digunakan untuk balapan MXGP, lebih besar dibandingkan WSBK, sehingga dibutuhkan persiapan yang lebih masif.

“MXGP ini kejuaraan motocross kelas dunia. Event MXGP ini logistiknya lebih besar dari WSBK,” imbuh Bang Zul.

Diketahui, MXGP adalah event balap motocross paling elit di dunia. Sama seperti MotoGP, event ini juga berada di bawah FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme).

Seri dunia motocross ini sudah berusia cukup tua, pertama digelar pada 1957 silam. Sebagai pembanding, balapan pertama MotoGP dihelat delapan tahun sebelumnya. (DAA)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button