BERITA NASIONALDaerah NTBMXGP

Lombok-Sumbawa Jadi Tuan Rumah MXGP 2025

Mataram (NTBSatu) – FIM dan Infront Moto Racing telah mengumumkan kalender sementara untuk kejuaraan dunia Motocross FIM (MXGP) 2025. Hasilnya, Lombok-Sumbawa bakal menjadi tuan rumah.

Pada musim pertandingan tahun depan, MXGP akan menghadirkan total 20 seri yang akan berlangsung di beberapa negara, salah satunya Indonesia.

Indonesia yang masih memiliki kontrak kerjasama kembali mendapatkan kepercayaan menggelar dua putaran MXGP yang akan berlangsung di Lombok-Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

IKLAN

Seri 1 MXGP of Indonesia akan terlaksana di Sumbawa pada 29 Juni 2025 dan Seri 2, tanggal 6 Juli 2025 di Lombok.

Gelaran MXGP juga berlangsung di beberapa negara lainnya. Antara lain, Argentina, Amerika Serikat, Perancis, Jerman, Spanyol, Switzerland, Swedia, Belanda. Kemudian, Turki, Cina, Australia, Turki, Czech Republic, dan Latvia.

Lombok-Sumbawa kembali menjadi lokasi penyelenggaraan dua series MXGP tidak lain karena kemudahan akses serta fasilitas pendukung. Selain itu, para riders dan team yang berasal dari berbagai negara dapat menikmati pesona alam di NTB yang mempesona.

Puncak balapan oleh Monster Energy FIM Motocross of Nations akan terlaksana di Ironman Raceway, Amerika Serikat, dari 3 hingga 5 Oktober tahun depan.

MXGP 2025 Dimulai di Argentina

Musim 2025 akan dimulai dengan MXGP Argentina, di Cordoba.

Dari sana, aksi berlanjut ke Cózar, Spanyol untuk Grand Prix Castilla La Mancha diikuti oleh kembalinya ajang ini ke Saint Jean d’Angely yang bersejarah di Prancis untuk MXGP Eropa.

Italia juga akan memainkan peran penting sejak awal dengan balapan beruntun di Riola Sardo di Sardegna dan Pietramurata yang indah untuk MXGP Trentino. Selanjutnya, persaingan ketat para pembalap akan berlaga di Frauenfeld, Swiss untuk menandai tiga balapan pertama musim ini.

Kemudian lokasi yang belum terkonfirmasi pada awal Mei yakni Spanyol. Namun pihak penyenggara segera mengumumkan detail lokasi.

Adrenalin pertandingan berlanjut pada akhir Mei dengan tiga balapan lainnya saat kejuaraan berlangsung di Sirkuit Ernee, Prancis yang megah. Kemudian sirkuit utama Jerman di Teutschenthal, dan Sirkuit Kegums yang terkenal di Latvia pada awal Juni.

Setelah jeda sebentar, rangkaian balapan beralih ke Indonesia untuk ajang berturut-turut di Sumbawa dan Lombok. Setelah jeda musim panas pada bulan Juli, balapan berlanjut dengan rangkaian balapan klasik Eropa yang menampilkan putaran di Loket, Republik Ceko, Sirkuit Lommel yang menantang di Belgia dan Uddevalla, Swedia. Dan untuk seri eropa balapan berakhir di Arnhem, Belanda.

Bergeser kembali ke benua Asia, MXGP terlaksana di Afyonkarahisar, Turki yang akan menyambut para pembalap pada September. Ada juga balapan seru lainnya di Shanghai, Tiongkok.

Terkakhir, seri ke-20 Ajang balapan bergengsi ini akan berakhir di Darwin untuk MXGP Australia. (*)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button