MotoGP

Jelang Balapan MotoGP Mandalika 2024, Enea Bastianini Pamer Helm Motif Batik Mega Mendung

Mataram (NTBSatu) – Menjelang balapan MotoGP Mandalika 2024, Minggu, 29 September 2024, seluruh pembalap melakukan berbagai persiapan. Mereka juga memperlihatkan sejumlah perlengkapan yang akan digunakan.

Seperti pembalap Ducati Lenovo, Enea Bastianini yang memamerkan helmnya dengan motif Batik Mega Mendung, pada video unggahan akun Instagram @ducaticorse.

“Tampilan spesial untuk Grand Prix spesial! @bestia23 tampil ala Indonesia #GP Indonesia,” tulis akun tersebut, Minggu, 29 September 2024.

IKLAN

Dalam video itu, Enea Bastianini memperlihatkan seluruh sisi helmnya yang menggunakan motif Batik Mega Mendung. Ia pun terlihat tampak senang dengan desain spesial tersebut menjelang balapan MotoGP Mandalika 2024.

Sebagai informasi, Batik Mega Mendung merupakan jenis motif batik terkenal khas Indonesia. Motif tersebut berasal dari Cirebon, Jawa Barat yang penggambarannya menunjukkan akulturasi budaya dan ornamentasi Tiongkok.

Batik Mega Mendung ini menggambarkan awan-awan tebal di cuaca mendung, yang menggambarkan pemberian harapan akan turunnya hujan. Dengan tujuan untuk menyuburkan pertanian.

Melansir detik.com, dalam budaya Cina, motif awan bermakna nirwana sebagai dunia yang sangat besar, abadi, bebas. Selain itu, motif awan juga bermakna konsep ketuhanan.

Senada, kaum Sufi (orang-orang yang mendalami ilmu tasawuf) juga merepresentasikan awan sebagai konsep luas dan bebas. (*)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button