Politik

Daftar Pemilih Tetap di Kota Mataram Berkurang 302 Orang

Mataram (NTBSatu) – Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Wali Kota Mataram 2024 mengalami pengurangan, sebanyak 302 orang.

Ketua KPU Kota Mataram, Edy Putrawan membenarkan pengurangan jumlah tersebut. Sebelumnya, jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) tercatat 320.906 orang.

“Kami lakukan rapat pleno tertutup pada tanggal 20 September 2024. Untuk Pilkada Serentak Kota Mataram, secara resmi penetapan DPT-nya sebanyak 320.604 orang, ” jelasnya, Senin, 23 September 2024.

IKLAN

Ia menerangkan, menyusutnya kuantitas pemilih jumlah DPT tersebut karena beberapa faktor. Di antaranya pemilih pindah domisili, meninggal dunia, serta perubahan status menjadi anggota TNI/Polri yang secara aturan harus tidak masuk dalam DPT.

“Ini bagian dari upaya KPU agar data pemilih menjadi akurat dan valid. Jadi, partisipasi pemilih hak suara benar-benar mengakomodir warga yang memenuhi syarat,” ujarnya.

Selain itu, Edy turut memastikan tidak ada perubahan dalam jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Terdapat 580 TPS reguler dan 1 TPS khusus di Lapas Perempuan Kelas 3 Mataram. Totalnya 581 TPS

Setelah memastikan urusan DPT dan TPS rampung, KPU Kota Mataram memastikan tahapan berikutnya dalam persiapan Pilkada 2024 adalah pendistribusian logistik serta sosialisasi kepada pemilih.

KPU Mataram pun sudah mengantongi Penetapan nomor urut berdasarkan Surat Ketetapan Nomor 458 tahun 2024. Hasilnya, pasangan Lalu Aria Dharma–Weis Arqurnain nomor urut 1. Sementara, Mohan Roliskana–Mujiburahman nomor urut 2.

Penetapan nomor urut ini menandai awal dari fase kampanye yang akan datang. Ia pun mengimbau agar pelaksanaan kampanye Pilkada dapat berjalan secara tertib, aman, dan damai.

“Kita kan memasuki masa kampanye sebentar lagi, tanggal 25 September. Semoga tahapan Pilkada berjalan lancar dan aman, serta melibatkan pengawasan ketat untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas proses pemilihan,” tukasnya. (*)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button