ADVERTORIALPendidikan

Wisuda Ke-59, Ummat Luluskan 698 Mahasiswa Unggul dan Berkualitas

Mataram (NTBSatu) – Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) menggelar Sidang Senat Terbuka dalam rangka “Wisuda ke-59 Program Pascasarjana dan Sarjana” di Auditorium H. Anwar Ikraman Ummat, Sabtu, 28 September 2024.

Sebanyak 698 wisudawan/wisudawati mengikuti prosesi wisuda ke-59 ini, dengan 127 lulusan meraih predikat cumlaude. Sehingga, total lulusan Ummat saat ini mencapai 26.012 orang.

Rektor Ummat, Drs. Abdul Wahab, M.A., dalam pidatonya menyampaikan, prosesi wisuda ini merupakan salah bentuk tanggung jawab Ummat kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

IKLAN

“Khususnya dalam penyiapan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas. Hingga mampu bersaing di era industri 5.0 dewasa ini,” ungkap Rektor.

Prestasi Ummat

Ummat yang sudah mencapai usia ke-44 tahun, berhasil mengantarkan putra-putri terbaiknya meraih berbagai prestasi dan penghargaan. Raihan tersebut dalam berbagai lomba dan kegiatan berskala nasional maupun internasional.

“Secara berturut-turut Ummat mengirimkan mahasiswa KKN DIK Internasional ke Malaysia mulai Desember 2023, dan dua orang mahasiswa dikirim KKN MAS ke Provinsi Kepulauan Bangksa Belitung. Pada kesempatan yang sama pada tanggal 4-9 Maret 2024, Ummat mengirim dua orang mahasiswa terbaik untuk melaksanakan kegiatan Global Education Program in 3 Countries di Malaysia, Singapura, dan Thailand,” jelas Rektor.

Prestasi lainnya, Ummat berturut-turut tiga tahun mengirimkan mahasiswa terbaik mengikuti Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) ke Malaysia dan Barcelona, Spanyol. Pada bulan Agustus lalu mengirimkan mahasiswa terbaik atas nama M. Nurizan Farizi dari Prodi Teknik Sipil ke Spienza University of Roma Italia. Selain itu, Wahyu Fahmi Arsyad, Prodi PBA FAI sebagai juara 2 cabang lomba tahfidz al qur’an kategori Tingkat Mahasiswa PTMA Hafalan 30 Juz yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah Riau.

Kemudian, Khotin Salwa terpilih sebagai Duta Maritim Indonesia tahun 2023 Kategori lingkungan hidup. Setiawan sebagai juara desain grafis berbasis Canva Tingkat nasional dengan kategori, juara 1 kategori avatar kelas B dan juara 2 kategori video animasi tingkat nasional.

Raih Hibah PPK Ormawa

Selanjutnya, Himpunan Mahasiswa Program Studi Sipil meraih penghargaan kategori sistem berkelanjutan hibah abdidaya PPK ORMAWA 2023. Nurhamdi Said, mahasiswa S1 Ilmu Hukum Ummat meraih medali Perunggu dalam Kelas D Putra Cabang Olahraga Pencak Silat di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII 2023.

Lalu, hibah PPK Ormawa dari Kemendikbudristek untuk UKM Mapala, BEM Faperta, HMPS STI Fatek, dan HMPS Teknik Sipil. Hibah Kemendikburistek, Ummat raih 8 PKM 8 bidang dengan 10 Kelompok dan PKM AI satu Kelompok. Serta, hibah P2MW Kemendikbudristek satu kelompok dari Fisipol Ummat.

“Ini merupakan bukti dari dedikasi kami dalam meningkatkan mutu pendidikan dan juga kualitas mahasiswa kami dalam mencapai visi Ummat yang Islami, mandiri, unggul dan berdaya saing di kawasan ASEAN tahun 2028,” ujar Rektor.

Ummat pun terus mengembangkan diri, sehingga tidak hanya dapat membuka program studi baru untuk jenjang S1. Tetapi, dapat membuka program Pascasarjana dengan tiga Prodi.

Lulusan Terbaik Ummat Wisuda Ke-59
Rektor Ummat, Abdul Wahab menyerahkan penghargaan kepada salah satu lulusan terbaik pada Wisuda Ke-59, Sabtu, 28 September 2024. Foto: Dok Humas Ummat

Pada kesempatan wisuda, Ummat juga memberikan penghargaan kepada empat lulusan terbaik, yaitu Juldani Adytia, S.Farm., Iche Rahma Saputri, S.Farm., Adelia Luqyana Safitri, dan Ida Ayu Tiara Dita. Untuk wisudawan terbaik I mendapat hadiah uang pembinaan senilai Rp3.750.000, terbaik II sebesar Rp2.500.000, dan terbaik III sebesar Rp1.300.000. Hadiah ini diberikan oleh Ummat dan Bank NTB Syariah.

Sebagai penutup, Rektor mengucapkan terima kasih atas kepercayaan orang tua mahasiswa yang telah menjadikan Ummat sebagai tempat pendidikan terbaik putra-putrinya. Serta, telah berjuang dan berkorban dengan ikhlas sepenuh hati membiayai, turut membimbing hingga berhasil lulus menjadi sarjana dan magister di bidang keilmuan yang ditekuni.

“Saya menyampaikan rasa bangga atas prestasi dan kegigihan putra-putri bapak/ibu. Yang telah melewati segala rintangan yang menghadang selama menempuh pendidikan di universitas tercinta ini. Semoga hari ini menjadi pintu gerbang menuju jalan keberhasilan masa depan yang gemilang di bawah rida Allah,” tutup Rektor. 

Apresiasi Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah

Anggota Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag., menyampaikan selamat kepada rektor dan seluruh pimpinan. Serta, kepada wali wisudawan yang mempercayakan pendidikan anaknya di Ummat.

“Rektor dan seluruh pimpinan mitra kerja telah berhasil menjadikan Ummat sebagai kampus idola para milenial, sebagai pusat keunggulan, sebagai pendorong untuk kemajuan, khususnya di NTB dan sekitarnya. Demikian pula Ummat berhasil mendapatkan berbagai macam program, juga berbagai macam prestasi,” ujar Prof. Sutrisno.

Hadir pada momen wisuda ke-59 Ummat ini, yakni Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah NTB, Perwakilan Ketua LLDiktir Wilayah VIII. Kemudian, Kopertais Wilayah XIV Bali Nusra, Badan Pembina Harian Ummat, Anggota Senat Ummat. Serta, wali/orang tua wisudawan/wisudawati, para wisudawan/wisudawati, dan tamu undangan lainnya. (*)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button