ADVERTORIALKota Mataram

Diskominfo Kota Mataram Raih Peringkat ke-30 pada National Cyber Excersice di Bali

Mataram (NTBSatu) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram berhasil masuk dalam top 50 Instansi pada National Cyber Excersice (NCE) ke-8.

Ajang ini terselenggara pada 9 hingga 12 September 2024 di Kuta Paradiso Hotel, Bali. Ini merupakan inisiasi dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Ada 609 peserta dari 188 Instansi atau lembaga yang terlibat dalam acara tersebut.

“Kami berhasil meraih peringkat ke-30 dari ratusan instansi yang ikut serta,” ujar Kepala Diskominfo Kota Mataram, I Nyoman Suwandiasa, Jumat, 20 September 2024.

Ia menjelaskan National Cyber Excersice (NCE) adalah program kerja prioritas nasional BSSN yang berfokus pada peningkatan kemampuan keamanan siber peserta.

Para peserta berkompetisi untuk meningkatkan pengetahuan tentang penanganan serta pengelolaan insiden secara teknikal dan manajerial.

“Kemarin ada simulasi Cyber Drill. Yang menguji kesiapan dan respons tiap instansi terhadap banyaknya ancaman siber yang berkembang saat ini,” jelasnya.

Simulasi keamanan siber, seperti web defacement, data breach, crypto mining, berita hoax dan lain-lain.

Cyber Drill Test membantu mengidentifikasi kelemahan dalam sistem keamanan, prosedur, dan kebijakan.

Dengan menemukan kelemahan ini, instansi/ lembaga dapat mengambil langkah-langkah perbaikan untuk memperkuat pertahanan mereka.

“Keberhasilan Kita berada di posisi 30 ini merupakan capaian yang baik, terutama harus bersaing dengan banyak instansi besar level Kementerian, Perusahaan besar ataupun Pemda lainnya,” ujar Suwandiasa. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button