Daerah NTB

Ade Muhwinsyah, Mahasiswa Unram yang Raih Juara II Baca Puisi Peksiminas 2024

Mataram (NTBSatu) – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram (FKIP Unram), Ade Muhwinsyah berhasil meraih juara II kategori Baca Puisi Putra pada Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) 2024.

Gelaran itu terlaksana pada Jumat, 6 September 2024 bertempat di Gedung Olahraga Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Kemendikbudristek menyelenggarakan ajang bergengsi itu dari 2 hingga 6 September 2024. Mereka bekerja sama dengan Puspresnas, BPTI dan melibatkan 78 perguruan tinggi dari 30 Provinsi untuk berkompetisi dalam 15 tangkai lomba.

Ade Muhwinsyah berhasil tampil memukau di tengah persaingan ketat dan berhasil mengalahkan peserta lainnya, sehingga berhasil meraih medali perak.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unram, Dr. Sujita menyatakan kebanggaan atas pencapaian Ade. Serta, mengapresiasi usaha serta dedikasi dalam meraih prestasi. Baginya, prestasi merupakan salah satu bukti nyata dari pembinaan seni di Unram melalui program MBKM.

“Kami mengharapkan pencapaian itu menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi di bidang masing-masing dan memanfaatkan peluang yang ada untuk terus dapat mengembangkan diri,” ungkap Sujita, Selasa, 10 September 2024.

Ajang Upgrade Diri

Sementara itu, Ade Muhwinsyah mengaku terdapat kebanggaan tersendiri ketika berhasil menjadi juara II dan membawa pulang mendali perak untuk NTB. Peksiminas menjadi ajang untuknya dalam membuktikan bahwa ia bisa meng-upgrade diri.

“Kemenangan ini adalah kemenangan seluruh kontingen NTB, khususnya kemenangan Unram,” ungkap Ade, 10 September 2024.

Keberhasilan Ade ini sejalan dengan upaya Unram dalam menerapkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan. Termasuk dalam bidang seni dan budaya, serta mendukung pengembangan keterampilan dan kompetensi mahasiswa.

Pencapaian Ade dalam ajang nasional ini merupakan cerminan dari keberhasilan implementasi MBKM di Unram, memungkinkan mahasiswa untuk mengeksplorasi dan mengembangkan bakat mereka secara maksimal.

Pencapaian Ade Muhwinsyah dalam Peksiminas 2024 tidak hanya membawa nama baik pribadi, tetapi juga bagi Unram. Sebab, menjadi contoh nyata bagaimana program MBKM dapat membantu mahasiswa berprestasi di tingkat nasional. Serta, menjadi inspirasi bagi generasi berikutnya untuk terus mengejar impian mereka dalam berbagai bidang termasuk dalam bidang seni dan budaya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button