BERITA LOKALDaerah NTBKota BimaPemerintahan

Penerima Bantuan RTLH di Kota Bima, Ada Janda dan Buruh Tani

Kota Bima (NTBSatu) Pemerintah Kota (Pemkot) Bima mendapat bantuan sebanyak 22 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari PT Sarana Multi Griya Finansial (SMF).

Bantuan 22 RTLH itu tersebar di dua keluarahan. Di antaranya, sembilan unit di Kelurahan Paruga dan 13 unit di Kelurahan Rabadompu Barat.

Oleh PT SMF dengan bantuan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM),
sudah turun langsung melakukan survei di lokasi penerima bantuan. Seperti, mengecek kelayakan penerima manfaat.

Ketua BKM Kelurahan Rabadompu Barat, Arifuddin mengatakan, penerima bantuan ini benar-benar tergolong tidak mampu secara ekonomi. Termasuk memiliki tempat tinggal tidak layak huni.

Khusus di Kelurahan Rabadompu Barat, penerima manfaat rata-rata bekerja sebagai buruh tani dan tiga di antaranya merupakan seorang janda.

“Dari 13 orang penerima bantuan di Kelurahan Rabadompu Barat, tiga di antaranya merupakan janda dan bekerja sebagai buruh tani,” kata Arifuddin kepada NTBSatu, Rabu, 10 Juli 2024.

Penerima manfaat ini tidak memiliki lahan sendiri seperti petani pada umumnya, pemasukannya hanya bersumber dari upah hasil menggarap tanaman milik orang lain.

“Mereka menjadi buruh tani itu sampai ke Sumbawa juga,” ujar Arifuddin.

Lantaran itu, Arifuddin berharap, ke depan jumlah bantuan bedah rumah ini bertambah untuk Kelurahan Rabadompu Barat. Mengingat, jumlah RTLH di Kelurahan Rabadompu Barat masih banyak dan masuk dalam kawasan kumuh.

“Di Rabadompu Barat ini ada enam RT yang masuk dalam kawasan kumuh, yakni RT 09, 10, 11, 12, 13, dan 15. Dari itu semoga ke depan pemerintah bisa menambah lagi jumlahnya,” harapnya.

Harap Bantuan RTLH Bertambah

Hal yang sama disampaikan Ketua BKM Kelurahan Paruga, Salahuddin, bahwa jumlah RTLH di Kelurahan Paruga masih banyak dan berharap ke depan bantuan ini jumlahnya bertambah.

“Mudah-mudahn ke depannya bisa bertambah lagi bantuan seperti ini karena di Kelurahan Paruga masih banyak yang memiliki rumah dengan status tak layak huni,” harap Salahuddin.

Kemudian, salah seorang penerima bantuan, Siti Soleha juga berterima kasih dan sangat bersyukur atas bantuan ini. Terutama kepada Pemkot Bima.

Ia mengaku, sudah lama menempati rumahnya sekarang dengan kondisi yang begitu memprihatinkan

“Saya berterima kasih kepada Pemkot Bima dan berharap memajukan lagi bantuannya kepada masyarakat yang lain,” ujarnya.

Kelurahan Rabadompu Barat

  1. Nurmi
  2. Mahdin
  3. Abdul Azis
  4. Mustamin
  5. Siti Maryam
  6. Sulaiman
  7. Khaerul Anam
  8. Ruslin
  9. Mala
  10. Suherman
  11. Aminah
  12. Salmah
  13. Hasan

Kelurahan Paruga

  1. Kaharuddin
  2. Subagio
  3. Dewi Anggriani
  4. Manto
  5. Salmah
  6. Rugayah
  7. Arifan
  8. Arifuddin/Rehab
  9. Rosminah

Itulah 22 nama penerima bantuan RTLH di Kota Bima. (MYM)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button