BERITA LOKALPendidikan

Pendaftar Hari Pertama Jalur Prestasi SMA di Mataram tak Seramai Tahun Lalu

Mataram (NTBSatu) – Dua SMA ternama di Mataram, SMAN 1 Mataram dan SMAN 5 Mataram selalu menjadi tujuan calon siswa baru saat mendaftar jalur prestasi. Begitu pun pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024.

Berdasarkan pantauan NTBSatu Jumat, 21 Juni 2024, suasana di dua sekolah ini telah ramai sejak pukul 08.00 Wita. Tampak sejumlah orang tua dan anaknya mendatangi sekolah di hari pertama pendaftaran jalur prestasi, dengan membawa berkas yang berisi persyaratan.

Namun, suasana hari ini lebih sepi dibandingkan ketika pembukaan jalur prestasi pada PPDB 2023, maupun tahun-tahun sebelumnya.

“Hari ini SMAN 1 Mataram membuka pendaftaran jalur prestasi PPDB 2024. Alhamdulillah sejauh ini cukup lancar dan suasananya lebih sepi daripada tahun lalu,” kata Wakil Kepala SMAN 1 Mataram Bidang Humas, Nurlaila, M.Pd.

Menurutnya, penyebab pendaftaran hari pertama tak seramai sebelumnya, karena di waktu yang sama calon siswa baru memasukkan datanya.

“Mungkin karena di sistemnya baru buka, sehingga calon siswa yang mendaftar itu juga baru bisa memasukkan datanya hari ini. Jadi perlu waktu bagi mereka dan ketika datanya sudah masuk juga, tidak bisa langsung datang ke sekolah,” jelasnya.

Calon siswa bersama orang tuanya datang ke sekolah itu, ketika pendaftarannya sudah berstatus menunggu verifikasi.

“Kalau belum statusnya begitu, belum bisa melakukan verifikasi,” tambahnya.

Hal senada juga dijelaskan Wakil Kepala SMAN 5 Mataram Bidang Humas, Muhammad Sofyan, S.Pd. Ia membenarkan kalau suasana pendaftaran jalur prestasi di hari pertama tak ramai.

“Selain perlu waktu untuk memasukkan data dan menunggu statusnya berubah, mungkin penyebabnya karena hari pertama pendaftaran jalur prestasi ini di hari Jumat. Hari Jumat kan pendek, tidak full sampai jam 2 siang seperti biasanya,” ujarnya.

Sehingga, kemungkinan calon siswa ramai melakukan verifikasi data di hari kedua, pada Sabtu. 22 Juni 2024.

“Untuk persiapannya, sudah kita siapkan semua dari operator dan teman-teman guru untuk membantu,” terangnya.

Hari Terkahir Daftar Ulang Jalur Afirmasi dan Perpindahan

pengumuman ppdb
Orang tua siswa menemani anaknya melakukan verifikasi ke sekolah, setelah mendaftar jalur afirmasi melalui aplikasi PPDB. Foto: Dok SMAN 9 Mataram

Selain membuka pendaftaran untuk jalur prestasi di hari pertama, sekolah juga masih melayani daftar ulang bagi calon siswa yang lulus afirmasi dan perpindahan orang tua. Pendaftaran ulang kedua jalur tersebut sampai hari ini.

“Pendaftaran ulang jalur afirmasi dan perpindahan orang tua terkahir hari ini. Jadi hari ini, ada yang melayani daftar ulang dan ada yang verifikasi pendaftaran,” tutup Sofyan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button