BERITA LOKALDaerah NTBLombok TimurPolitik

Survei Elektabilitas Rohmi – Firin Melesat di Lombok Timur

Mataram (NTBSatu) Rohmi – Firin menempati posisi puncak hasil riset Lembaga Survei Prediksi Survei dan Statistik Indonesia (Presisi). Pasangan yang baru deklarasi itu menorehkan hasil survei 39,5 persen.

“Posisi elektabilitas pasangan Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah – Dr. H.W. Musyafirin berdasarkan hasil simulasi kami, mencapai 39,5 persen,” kata Direktur Eksekutif Presisi, Darwan Samurdja, Jumat 14 Juni 2024.

Survei pasangan Rohmi – Firin naik 2,7 persen dari survei personality Rohmi 36,8 persen. Kontribusi elektoral Rohmi cukup berpengaruh karena basisnya di Lombok Timur. “Faktor Musyafirin juga cukup mendorong pengaruh, sebagai mantan Bupati KSB dua periode. Karena Rohmi juga menarik Firin dalam setiap konsolidasinya di Lombok Timur,” kata Darwan kepada NTBSatu.

Survei elektabilitas pasangan bakal Calon Gubernur – Wakil Gubernur NTB. Sumber: Presisi

Duet politisi Perindo – PDI Perjuangan tersebut unggul berdasarkan simulasi dengan enam pasangan lainnya.

Survei Pasangan Cagub-Cawagub Lain

Lalu Gita Ariadi – Sukiman Azmy menempati urutan kedua dengan capaian 12,7 persen. Zulkieflimansyah yang berpasangan dengan Suhaili FT menyusul urutan kedua meraih survei 8,9 persen.

Lalu Muhammad Iqbal dalam simulasi ini berpasangan dengan Indah Dhamayanti Putri. Hasil surveinya mencapaian 3,7 persen.

Simulasi Lalu Muhammad Iqbal berpasangan dengan H. Arsyad Gani, hasil surveinya 3,1 persen. Presisi juga melakukan simulasi untuk pasangan Lalu Muhammad Iqbal dengan Hj. Magdalena. Hasilnya hanya mendapat 0,7 persen.

“Dalam survei ini, yang tidak menjawab dan merahasiakan pilihannya, mencapai 31,4 persen,” sebut Darwan.

Tanggal 25 Mei sampai 4 Juni 2024 tim Presisi melakukan pengumpulan dan pengolahan data survei. Metode penelitian menggunakan multistage random sampling, dengan jumlah 440 responden. Penyebaran kusioner dengan pola tatap muka dan wawancara langsung. (HAK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button