Sepak Bola

Timnas Indonesia Berhasil Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Mataram (NTBSatu) – Timnas Indonesia memastikan diri melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, setelah menang 2-0 atas Filipina di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa malam, 11 Juni 2024.

Selama pertandingan, skuad Indonesia langsung menerapkan pressing tinggi. Sejumlah serangan dicoba Marselino Ferdinan, dkk untuk menjebol gawang Filipin, namun belum terselesaikan dengan baik.

Pada menit keenam, upaya Thom Haye yang melakukan umpan tarik dari sisi kanan juga belum berhasil. Umpan tersebut masih berhasil dihalang pemain belakang Filipina.

Tak putus asa, Haye kembali beraksi dengan menerima sodoran bola dari Asnawi Mangkualam dan langsung diberikan kepada Marselino. Namun, lagi-lagi upaya itu masih gagal, bola dapat ditangkap dengan baik oleh kiper Kevin Ray Mendoza.

Peluang kembali didapatkan oleh Indonesia. Kini, melalui sepakan keras Calvin Verdonk. Sayang, bolanya belum mengarah ke gawang.

Tak lama berselang, Marselino berusaha melepas tembakan dari tengah tapi belum membuahkan hasil. Sundulan Justin Hubner dari sepak pojok juga cuma menyamping saja.

Pada menit ke-32, akhirnya gol untuk Indonesia tercipta. Berawal dari perebutan bola di area tengah yang berhasil direbut dari Filipina, lalu diberikan kepada Thom Haye.

Berita Terkini:

Haye tanpa berpikir panjang, langsung melepaskan sepakan terukur ke pojok kanan gawang dari depan kotak penalti. Skor 1-0 bertahan sampai babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Indonesia tak mengendorkan semangat. Berbagai peluang terus diciptakan secara bergantian oleh Oratmangoen dan Verdonk.

Hingga akhirnya tanpa menunggu waktu lama, gol kembali tercipta pada menit ke-56. Tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On berhasil disambar sundulan Rizky Ridho tepat di depan gawang dan menaklukkan kiper.

Gol ketiga untuk Indonesia pun nyaris terjadi pada menit ke-71, melalui sundulan Jay Idzes. Namun, sundulan itu cuman membentur tiang gawang.

Timnas Indonesia pun terus mengontrol permainan. Skor tak berubah lagi sampai peluit panjang dibunyikan wasit.

Dua gol yang tercipta oleh Thom Haye dan Rizky Ridho tersebut membuat timnas langsung menyegel peluang lolos ke babak ketiga, tanpa harus menunggu hasil Irak melawan Vietnam.

Sebab, tiga poin yang dihasilkan melalui pertandingan malam ini, membuat Indonesia memiliki 10 poin. Jumlah tersebut tak akan terkejar lagi oleh Vietnam yang baru mengumpulkan enam poin menuju laga lawan Irak.

Kemenangan ini juga, membuat anak asuh Shin Tae-yong berhasil lolos ke Piala Asia berikutnya, yakni Piala Asia 2027. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button