Sepak Bola

Timnas Indonesia Langsung Bertemu Vietnam di Piala AFF 2024

Mataram (NTBSatu) – Tim Nasional (Timnas) sepak bola Indonesia langsung bertemu Vietnam, pada babak penyisihan grup Piala AFF 2024 atau yang kini bernama ASEAN Cup. Pertemuan itu dipastikan terjadi usai hasil drawing diumumkan pada Selasa siang, 21 Mei 2024 waktu Hanoi, Vietnam.

Timnas Indonesia masuk grup B ASEAN Cup 2024 bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos. Sementara di grup A, ada Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Brunei/Timor Leste (kedua tim berlaga di babak kualifikasi dulu).

Pertemuan dengan Timnas Vietnam ini tentu tidak asing lagi bagi pendukung Indonesia. Sebab, skuad garuda lagi sering berhadapan dalam beberapa bulan terakhir.

Contohnya, pada Piala Asia 2023 yang dilaksanakan akhir Januari 2024. Timnas Indonesia berhadapan dengan Vietnam dalam fase grup dan berhasil memenangkan laga lewat gol penalti Asnawi Mangkualam 1-0.

IKLAN

Kemudian, Indonesia bertemu Vietnam lagi di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ronde kedua. Hasilnya, Indonesia menang home dan away dengan skor 1-0 dan 3-0.

Lantas, apakah hasil positif tersebut akan berlanjut ketika bertemu di ASEAN Cup 2024? Hal ini patut dinanti selama pertandingan berlangsung, yang dimulai tanggal 23 November sampai 21 Desember 2024 mendatang.

Berita Terkini:

Sebagai informasi mengenai ASEAN Cup 2024, meskipun berubah nama dari Piala AFF, format pertandingannya masih sama seperti sebelumnya. Pada fase grup akan dua kali home dan dua kali away.

Kemudian saat masuk semifinal, setiap tim akan memainkan dua leg kandang-tandang. Hal serupa juga akan berlaku di final.

Untuk bisa melaju ke final, setiap tim harus menjadi juara grup atau runner-up. Juara Grup A akan jumpa runner-up Grup B, juara Grup B jumpa runner-up Grup A.

Pada edisi sebelumnya, Indonesia sukses melaju ke babak penyisihan yakni semifinal. Namun langkahnya dihentikan Vietnam karena kalah agregat 0-2.

Vietnam kemudian jumpa Thailand di final. Thailand akhirnya keluar sebagai juara setelah menang agregat 3-2 atas Vietnam. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button