Lombok TimurPolitik

Jelang Pilkada Lombok Timur, Bagaimana Pengaruh NW dan NWDI? Ini Penilaian Pengamat

Lombok Timur (NTBSatu) – Gaung Pemilihan Bupati (Pilbup) Lombok Timur 2024 kini sudah makin santer terdengar. Di mana menurut jadwal, Pilbup Lombok Timur akan diselenggarakan pada 27 November 2024 mendatang.

Setidaknya ada tiga nama populer yang sudah menyatakan diri akan maju sebagai Calon Bupati (Cabup) Lombok Timur yaitu Ketua DPD NasDem NTB, Rumaksi, Ketua DPC Gerindra Lombok Timur, Haerul Warisin atau Haji Iron dan Ketua PD NWDI Lombok Timur, Syamsul Luthfi.

Semua nama itu sebetulnya tidak begitu mengagetkan, karena ketiganya merupakan mantan Wakil Bupati Lombok Timur di periode-periode sebelumnya.

Pada Pilbup tahun ini, dua organisasi masyarakat (ormas) terbesar di Lombok Timur, yaitu NW dan NWDI diprediksi akan tetap mengambil bagian dalam memberikan dukungan terhadap calon yang akan bertarung. Sejauh mana pengaruh dua ormas terbesar ini ?

Menurut Pengamat Politik dari UIN Mataram, Dr. Ihsan Hamid, dua ormas ini tak selalu memiliki pengaruh signifikan di Pilkada. Penilaian itu datang dari riwayat-riwayat Pilbup Lombok Timur sebelumnya.

Berita Terkini:

Di mana sejumlah pasangan pasangan yang didukung oleh dua organisasi masyarakat terbesar itu pada Pilbup sebelumnya pernah gagal meraih kemenangan.

“Misalnya waktu itu calon NW dikalahkan calon independen, Ali BD. Kemudian Syamsul Luthfi dikalahkan oleh Sukiman,” kata Ihsan, Selasa, 23 April 2024.

Pada Pilkada tahun ini, kekuatan NWDI nampaknya akan mendukung penuh Syamsul Luthfi. Sementara Haerul Warisin sebelumnya dikabarkan sempat menjajaki konsolidasi dengan Ketua PBNW, TGH Lalu Gede Zainuddin Atsani.

Pada pertemuan itu, Atsani dikabarkan memberi syarat dukungan kepada Haerul Warisin jika menggandeng kader NW sebagai Cawabup. Namun di satu sisi, Haerul Warisin sudah hampir dipastikan akan menggandeng anggota DPRD NTB, Edwin Hadiwijaya.

“Seharusnya Haerul Warisin tidak perlu ambil pusing dengan adanya permintaan-permintaan seperti itu,” ucap Ihsan. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button