BERITA NASIONALPariwisata

Intip 9 Destinasi Wisata Favorit Selama Libur Lebaran 2024, Salah Satunya Keajaiban Dunia

Mataram (NTBSatu) – Libur panjang selama Lebaran 2024 ini, tentunya menjadi kesempatan besar bagi masyarakat untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata.

Melalui Kajian Pemetaan Preferensi Aktivitas Wisatawan Nusantara selama momen Lebaran 2024, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebutkan beberapa destinasi wisata pilihan warga RI.

Berdasarkan survei yang dilakukan pada 31 Maret 2024 itu, ada 9 destinasi wisata yang menjadi favorit masyarakat selama libur Lebaran, antara lain:

  1. Ragunan

Kelurahan yang terletak di Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini terkenal karena memiliki Taman Margasatwa Ragunan atau disebut juga Kebun Binatang Ragunan. Di dalam kebun binatang seluas 140 hektare ini, masyarakat dapat melihat berbagai satwa dari 295 spesies dan 4.040 spesimen.

  1. Lembang

Sebuah kecamatan yang berlokasi di Kabupaten Bandung Barat ini terkenal sebagai salah satu tujuan wisata yang ada di Jawa Barat. Masyarakat dapat melihat pemandangan yang asri dengan menikmati berbagai kuliner yang tersedia di masing-masing obyek wisata. Beberapa wisata di Lembang yang dapat dikunjungi adalah Farmhouse, Floating Market, Observatorium Bosscha, dan Tangkuban Perahu.

Berita Terkini:

  1. Borobudur

Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat selama libur Lebaran. Selain Candi Borobudur, masyarakat pun dapat mengunjungi berbagai wisata lainnya, seperti Candi Mendut, Punthuk Setumbu, dan Bukit Rhema Gereja Ayam. Candi ini salah satu dari tujuh keajaiban dunia dalam catatan UNESCO.

  1. Bromo

Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang terletak dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung yang memiliki lautan pasir seluas 10 km2 ini merupakan salah satu obyek wisata favorit masyarakat terutama untuk melihat matahari terbit atau sunrise.

  1. Malioboro

Kawasan wisata yang berlokasi di Kota Yogyakarta ini menjadi icon yang tak terpisahkan. Letak Malioboro pun sangat strategis, yakni berada di antara Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Tugu Pal Putih. Masyarakat pun dapat menikmati Malioboro dengan berbelanja, kuliner, hingga mencoba berbagai macam wisata yang tersedia.

  1. Ciwidey

Wilayah yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini memang terkenal dengan berbagai wisata yang ada. Lokasinya terpantau mudah dijangkau karena tidak jauh dari Jakarta. Masyarakat pun dapat menikmati wisata yang ada di Ciwidey. Beberapa di antaranya adalah Kawah Putih, Situ Patenggang, hingga Perkebunan Teh Rancabali.

  1. Pangandaran

Sebuah kabupaten di Jawa Barat tersebut memang menjadi wisata favorit bagi masyarakat yang pulang kampung ke wilayah selatan Pulau Jawa. Masyarakat pun dapat menikmati beberapa wisata yang ada di Pangandaran, seperti Pantai Pangandaran, Goa Sinjang Lawang, dan Green Canyon atau Cukang Taneuh.

  1. Parangtritis

Parangtritis merupakan desa yang terletak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa yang terkenal dengan wisata pantainya ini telah lama menjadi ikon pariwisata dari Yogyakarta. Masyakarat yang ingin berwisata ke Parangtritis dapat mengunjungi Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, dan Pemandian Air Panas Parangwedang.

  1. Puncak Bogor

Kawasan yang terletak dalam Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini terkenal dengan wisata pegunungannya yang beraneka ragam. Masyarakat pun dapat menikmati berbagai wisata yang ada di wilayah Puncak Bogor, seperti Taman Safari Indonesia Bogor dan Taman Bunga Nusantara.

Itulah sederet destinasi wisata yang menjadi pilihan warga RI menghabiskan libur panjang Lebaran 2024, manakah yang menjadi pilihanmu?. (STA)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button