BERITA LOKALBREAKING NEWS

Faktor Cuaca, Pendakian Gunung Tambora Ditutup Sementara

Kota Bima (NTBSatu) – Faktor cuaca ekstrem beberapa hari terakhir, menyebabkan seluruh jalur wisata pendakian di Taman Nasional Tambora (TNT) dan objek wisata air terjun Oi Marai Kabupaten Dompu, NTB, harus ditutup untuk sementara waktu.

Sementara objek wisata edukasi sanctuary Rusa masih tetap dibuka untuk aktivitas wisata, kecuali hari Senin.

Adapun penutupan ini terhitung sejak 12 Maret 2024 kemarin, hingga batas waktu yang belum ditentukan.

“Pendakian semua jalur masih ditutup karena cuaca,” kata Bendahara Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), Balai Tanam Nasional Tambora, Dandi, dikonfirmasi NTBSatu, Sabtu, 30 Maret 2024.

Selain alasan cuaca, penutupan sementara Taman Nasional Tambora dari aktivitas wisata, juga bertujuan memberikan jaminan keselamatan kepada pengunjung.

Berita Terkini:

Serta sebagai upaya memberikan kesempatan bagi keanekaragaman hayati untuk memulihkan diri secara alami, akibat adanya kegiatan wisata selama ini.

Perihal penutupan tersebut, Dandi juga tidak bisa memastikan apakah saat libur lebaran nanti pendakian akan dibuka atau tidak.

Namun, berkaca pada tahun sebelumnya, saat musim libur lebaran hanya objek wisata Oi Marai yang dibuka.

“Kalau itu tergantung kondisi cuaca di lapangan berdasarkan laporan dari masing-masing kepala resort tiap jalur. Kalau cuaca memungkinkan tetap buka,” pungkasnya. (MYM)

IKLAN
IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button