BERITA LOKALPendidikan

SD dan SMP Kota Mataram Diminta Kembangkan Kegiatan Imtaq Selama Ramadan

Mataram (NTBSatu) – Dinas Pendidikan Kota Mataram meminta satuan pendidikan jenjang SD dan SMP untuk mengembangkan kegiatan Imtaq selama bulan Ramadan. Kegiatan Imtaq di sekolah ini berlangsung mulai tanggal 14 Maret sampai 3 April 2024.

“Sekolah sudah kami minta untuk melaksanakan kegiatan Ramadan 1445 Hijriah dengan mengembangkan kegiatan Imtaq, yang mengarah pada peningkatan akhlak mulia, pemahaman, pendalaman, dan praktek amaliah keagamaan. Melalui pembelajaran di sekolah maupun tugas rumah yang selaras,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Yusuf, S.Pd., Minggu, 10 Maret 2024.

Untuk jenis kegiatan Imtaq seperti apa, pihaknya menyerahkan kepada masing-masing sekolah. Ia juga meminta kepada pihak sekolah untuk mengadakan persiapan yang diperlukan.

IKLAN

“Bisa menggelar pesantren kilat, tadarus Al-Qur’an, atau latihan ceramah. Termasuk juga, kami minta agar siswa yang beragama Islam dibiasakan membawa, membaca Al-Quran dan terjemahannya selama Ramadan sebagai salah satu upaya penguatan profil pelajar pancasila,” jelas Yusuf.

Sementara bagi siswa yang beragama non Islam, ia meminta kepada pihak sekolah juga turut mengadakan kegiatan serupa sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing.

Berita Terkini:

“Sekolah yang berciri khas keagamaan selain Islam agar menyesuaikan diri juga dan memberikan kesempatan kepada siswa yang beragama Islam untuk memahami dan mengamalkan ibadah di bulan Ramadan dengan memberikan tugas-tugas ekstrakurikuler dari sekolah,” tambahnya.

Mengenai kegiatan belajar mengajar selama Ramadan, Yusuf mengatakan, tetap akan diisi dengan proses pembelajaran yang bersifat akademis.

“Disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing, kegiatan sosial keagamaan, serta persiapan ujian sekolah bagi kelas akhir dan penilaian sumatif akhir semester genap bagi kelas lainnya,” ujarnya.

IKLAN
1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button