Pemerintahan

Pemerintah Impor Beras saat Harga Meroket, Kepala Bapanas: Bulog Sudah Siap Terima

Mataram (NTBSatu) – Ditengah persoalan harga beras yang meningkat, Pemerintah pusat akan melakukan impor beras sebanyak 1,6 juta ton untuk memenuhi Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di gudang Bulog.

Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (Bapanas/NFA), Arief Prasetyo Adi, menyampaikan, jika ada penambahan 1,6 juta ton impor beras, akan dipastikan Bulog sudah siap menerima.

“Rencana impor beras 1,6 juta ton ini telah mendapatkan izin dari Presiden Jokowi dan kementerian teknis terkait, karena impor ini penting dilakukan untuk memastikan stok CBP tercukupi di tengah tren penurunan produksi pangan dunia,” jelasnya Rabu, 28 Februari 2024 dilansir dari Liputan 6

Arief juga memastikan, proses impor 1,6 juta ton dilakukan secara terukur. Menurutnya, keran impor beras yang dibuka, tidak menjatuhkan harga gabah petani saat musim panen raya.

Berita Terkini:

“Nanti tinggal kita kontrol, kapan masuknya beras impor dan kita tetap jaga importasi yang terukur, ya,” tegasnya.

Meski demikian, tidak disebutkan negara asal impor beras untuk Indonesia, termasuk besaran anggaran yang disiapkan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta ada stok minimal di Bulog sebesar 1,2 juta ton. Bahkan, beras Bulog di gudang diharapkan meningkat 3 juta ton ketika produksi beras nasional masih menunggu musim panen raya. (WIL)

IKLAN
IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button