Pariwisata

Inilah 3 Tiga Event Pariwisata NTB yang Masuk KEN 2024

Mataram (NTBSatu) – Sebanyak tiga event pariwisata NTB masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Ketiga event tersebut, yaitu Festival Rimpu Mantika, Festival Perang Topat, dan Alunan Budaya Desa Pringgasela.

Diketahui, ketiganya masuk dalam KEN 2024 bersama 107 event pariwisata lain dari seluruh provinsi di Indonesia. Seluruh event itu telah melalui proses kurasi yang ketat oleh tim ahli dari Kemenparekraf.

“Proses kurasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa event-event yang ditampilkan di KEN 2024 memiliki kualitas yang baik dan mampu menarik minat wisatawan,” ungkap Menparekraf, Sandiaga Uno saat meluncurkan KEN 2024, Sabtu malam, 27 Januari 2024.

Ia juga menjelaskan, melalui program KEN merupakan upaya mempromosikan destinasi pariwisata melalui kegiatan (event). Tujuannya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, serta menggerakkan wisatawan nusantara agar berwisata di Indonesia.

Baca Juga: Sembilan Negara Hentikan Bantuan untuk Palestina, Apa Penyebabnya?

“Sejak diluncurkan pada tahun 2021, KEN berhasil mendorong peningkatan perekonomian daerah. Saya berharap event KEN 2024 yang menyajikan kegiatan menarik seperti musik, budaya, seni karnaval, hingga kuliner ini bisa meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara,” jelas Sandi.

Dirinya pun mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut serta mempromosikan event-event yang masuk dalam KEN 2024.

“Mari kita bersama-sama bangkitkan pariwisata Indonesia,” pungkas Sandi.

Adapun jadwal pelaksanaan dari ketiga event pariwisata NTB yang masuk dalam KEN 2024 ini, sebagai berikut:

  1. Festival Rimpu Mantika akan dilaksanakan pada tanggal 27 April 2024 di Pantai Lawata, Kota Bima.
  2. Alunan Budaya Desa Pringgasela akan dilaksanakan pada tanggal 12 sampai 20 Juli 2024 di Desa Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur.
  3. Festival Perang Topat akan dilaksanakan pada tanggal 19 November 2024 di Pura Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.

Itulah ketiga event pariwisata NTB yang masuk dalam KEN 2024. (JEF)

Baca Juga: Sekjen PBNU Larang Warga NU Pilih Capres yang Didukung Amien Rais, Partai Ummat NTB: Itu Pernyataan Putus Asa dan Patah Hati

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button