Pariwisata

Melihat Surga Bawah Laut Gili Bidara Lombok Timur yang Mirip Film Finding Nemo

Mataram (NTBSatu) – Bagi pecinta wisata bawah laut, Snorkeling ataupun Diving di Gili Bidara bisa jadi pilihan.

Pulau kecil yang berada di Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, menawarkan surga bawah laut yang menakjubkan seperti di Film Finding Nemo.

Film Finding Nemo merupakan film animasi yang mengisahkan kehidupan ikan Nemo bersama istrinya yang hidup dengan damai di rumah terumbu karang.

Namun bukan sinopsis film itu yang kita bahas, tapi ini tentang Gili Bidara yang memiliki panorama bawah laut yang mirip dengan di Film itu.

Untuk diketahui, sudah banyak wisatawan lokal dan mancanegara mengakui keindahan surga bawah laut Gili Bidara.

Meskipun Gili Bidara ini tak sepopuler Gili Trawangan, Gili Nanggu dan Gili Air, namun keindahannya tak kalah dari wisata 3 gili andalan Nusa Tenggara Barat itu.

Lantas bagaimana pesona Gili Bidara ini?

Gili Bidara menyuguhkan pemandangan bawah laut yang indah. Perairannya pun masih sangat jernih dan pantainya memiliki hamparan pasir putih yang indah.

Baca Juga: Pj Wali Kota Bima akan Dievaluasi Mendagri Senin Depan

Tak jauh dari sisi pantai, di gili ini juga terdapat spot snorkeling dengan kedalaman 1,5 – 3 meter.

Dengan snorkel di kedalam 3 meter Anda bisa menjumpai beragam karang seperti anemon blue coral, red coral, green coral, coral foliose dan masih banyak lagi.

Selain coral, di gili bidara juga terdapat berbagai jenis ikan, berbagai ukuran dan warna yang bervariasi. Salah satu yang paling banyak adalah ikan nemo. Jika beruntung Anda akan bisa temukan ikan langka Napoleon dan Kura-kura.

Bagi yang suka dengan ikan Nemo atau belum pernah melihat ikan Nemo secara langsung, maka wajib mengunjungi Gili Bidara ini.

Untuk diketahui, dikutip dari laman resmi jurnal-iktiologi.org pada Sabtu, 9 Januari 2024, Institut Pertanian Bogor pernah melakukan penelitian tentang biota laut yang ada di Gili Bidara, pada tahun 2003.

Penelitian itu berjudul, Keaneka Ragaman Ikan Karang di Perairan Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, yang menjadi salah satu sampelnya adalah Gili Bidara.

Penelitian ini menemukan ada 17 Family dan 53 Spesies Ikan. Untuk di Gili Bidara sendiri telah dihitung total jumlah dari semua jenis yang ditemukan berjumlah 504 jenis ikan menghiasi bawah laut Gili Bidara. (SAT)

Baca Juga: Jangan Mengaku ‘Si Paling Raja Pedas kalau Belum Mencicipi Masakan Banteng Ngangak Khas Lombok

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button