Ekonomi Bisnis

Bos BI Proyeksikan Pertumbuhan Kredit 10-12 Persen di 2024, Ekonom: Berat

Mataram (NTBSatu) – Gubernur BI, Perry Warjiyo, memproyeksikan pertumbuhan kredit akan melaju sebesar 10-12 persen pada tahun depan.

Baca Juga: Antisipasi Penyalahgunaan QRIS, Bank Indonesia NTB Minta Masyarakat Lebih Teliti

“Pertumbuhan kredit akan meningkat sebesar ke 10-12 persen pada 2024 dan kemudian meningkat kembali ke 11-13 persen pada 2025,” ujar Perry pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI), Rabu, 29 November 2023.

Bank Indonesia optimis angka pertumbuhan kredit tahun mendatang tetap tinggi di tengah hegemoni tahun politik menyambut pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Kendati demikian, Ekonom mengungkapkan proyeksi tersebut cukup berat.

Berita Terkini:

Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Aviliani mengatakan hal tersebut sedikit memerlukan usaha, namun masih dapat tercapai jika penyaluran kredit diarahkan kepada sektor-sektor tertentu.

“Karena ini kan infrastruktur lagi nggak banyak jalan kan, nah infrastruktur itu sebenarnya yang banyak men-generate pinjaman. Itu jumlahnya besar-besar. Kalau yang lain yang korporat kecil-kecil gitu ya,” ujarnya usai PTBI, dilansir CNBC Indonesia.

Aviliani melanjutkan, perusahan cenderung baru mendapatkan perizinan, seperti perusahaan tambang usai pemilihan umum (pemilu). Jadi, kredit yang akan tumbuh kredit sekarang cenderung berupa modal kerja atau investasi yang bersifat untuk ke ekspansi.

Baca Juga: Bank Indonesia Perwakilan NTB Sosialisasi QRIS lewat Pasar Murah Digital

Ia kemudian memberikan gambaran pada industri makanan minuman dan manufaktur yang perlu ekspansi karena permintaannya naik.

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button