Pendidikan

Besok, Ummat bersama PP Muhammadiyah Sosialisasikan Kalender Hijriah Global Terpadu di Mataram

Selain itu, disepakati bahwa kriteria penentuan awal bulan hijriah yang dipedomani saat ini, yaitu hisab hakiki wujudul hilal akan segera bergeser menuju Kalender Hijriah Global Terpadu.

Pergeseran ini secara resmi akan dimulai pada forum Musyawarah Nasional Tarjih yang menurut rencana diadakan pada bulan Syakban 1445 atau Februari 2024. Jadi, jika forum Munas Tarjih menyepakati, dan setelah proses tanfidz selesai, maka mulai bulan Ramadan yang akan datang (1445), kemungkinan besar Muhammadiyah sudah akan berpuasa menggunakan kriteria yang baru, yaitu Kalender Hijriah Global Terpadu.

Baca Juga: Lantik 88 Wisudawan, Rektor Ummat Sampaikan Sejumlah Capaian Prestisius

Selanjutnya, untuk menindaklanjuti kesepakatan pada Rakerpus, MTT PP Muhammadiyah mendorong agar Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) ikut terlibat aktif dalam melaksanakan sosialisasi tentang KHGT ini.

“Oleh karena itu, ‘Seminar dan Sosialisasi Kalender Islam Global: Kolaborasi MTT PP Muhammadiyah dengan PTM’ ini kami pandang urgent untuk dilaksanakan bersama PTM,” terang Rektor.

Terlebih lagi, tambah Rektor, KHGT merupakan bentuk nyata upaya Muhammadiyah dalam mewujudkan persatuan dan ketertiban dunia dalam bentuk sistem penjadwalan waktu atau yang disebut dengan kalender.

“Pemikiran ini tidak lain didasari adanya carut-marut dan tak kunjung usainya silang pendapat dan perbedaan dalam menentukan jatuhnya Idul Fitri dan Idul Adha di seluruh dunia terutama di negara-negara mayoritas Muslim,” tuturnya.

Berita Terkini:

Ketua Panitia Seminar dan Sosialisasi yang juga Wakil Rektor IV Ummat, Dr. Zaenuddin, M.Pd.I., menjelaskan, kegiatan ini akan dihadiri 115 orang peserta yang berasal dari Bali, NTB, dan NTT.

“115 orang peserta itu merupakan perwakilan dari unsur PP Muhammadiyah, Majelis Tarjih dan Tajdid, PWM, MTT PWM, PDM & MTT, Civitas Ummat, Civitas ITKes Muhammadiyah Lotim, Civitas UM. Bima, IAIM Bima, Pimpinan Wilayah Aisyiyah NTB, Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah, Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah, dan Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah,” jelasnya.

Zaenuddin pun menekankan, kegiatan ini bertujuan menyosialisasikan secara masif-progresif konsep KHGT yang segera di-launching pada bulan Syakban 1445 H/Februari 2024.

Termasuk, menguatkan pemahaman konsep, maksud, dan tujuan KHGT bagi warga Muhammadiyah (terutama unsur MTT di semua tingkatan). Serta, mengkomunikasikan konsep KHGT yang akan di-launching kepada warga Muhammadiyah khususnya dan masyarakat pada umumnya, terutama dunia internasional.

Baca Juga: Prodi PGMI FAI Ummat Gelar Kuliah Dosen Tamu Guna Tingkatkan Peran Guru MI dalam Hadapi Kemajuan AI

“Nantinya akan ada pemaparan dari para narasumber saat seminar dan sosialisasi yang terbagi dalam beberapa sesi,” tandas Zaenuddin. (JEF)

Laman sebelumnya 1 2

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button