ADVERTORIAL

Wayan Karioka Bagi 5 Tips Membangun Bisnis dari Nol untuk Pengusaha Muda, Apa Saja?

Mataram (NTBSatu) – Managing Director ITDC Mandalika 2019-2020, I Wayan Karioka hadir menjadi pemateri dalam seminar bertema “Seminar Digital Marketing untuk Pengusaha Muda” yang digelar di Gedung A, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram, Senin, 20 November 2023.

Pertama, Talenta

Di hadapan ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa, siswa dan guru, Wayan Karioka mengatakan untuk menjadi pengusaha muda dibutuhkan untuk mencari apa talenta yang dimiliki terlebih dahulu. Talenta berpengaruh terhadap masa depan bisnis yang dirintis.

“Talenta sesuatu yang membuat kita senang yang harus dilihat dalam diri kita. Karena kalau sesuatu tidak kita senangi kita cepat bosan dan tidak bisa mengeluarkan kemampuan secara maksimal,” katanya.

Selain talenta, ada juga Product Supply Chain yaitu rantai penting dalam proses produksi hingga distribusi sebuah produk.

Kedua, Supply Chain

Supply Chain Management meliputi Supply Chain Planning, Supply Chain Enterprise Applications, Asset Management, Procurement, Product Lifecycle Management, Logistics dan Supply Chain Strategy.

“Tiap-tiap bisnis memiliki supply chain yang berbeda. Kira-kira dari mana kita bisa masuk, apakah pada resources-nya, atau peningkatan sistem jadi lebih efisien atau pada marketingnya,” ujarnya.

Dia mengatakan yang perlu diperhatikan adalah apa yang dibutuhkan masyarakat. Jika tinggal di dekat perkantoran misalnya, bisnis fotocopy sangat bisa dikembangkan.

“Dari sana kita bisa menentukan layak bisnis apa yang kita geluti,” ujarnya.

Ketiga, Trend dan Waktu

Kemudian soal trend, yaitu segala sesuatu yang saat ini sedang dibicarakan, diperhatikan, dikenakan atau dimanfaatkan banyak orang pada saat tertentu.

“Dulu pernah musim batu akik. Begitu laris dan mahal. Coba sekarang jualan akik tidak ada yang laku. Itulah trand harus tepat pada waktunya. Sama seperti mengambil saham, yang trand saham kuliner tapi yang dibeli saham lain. Itu tidak nyambung,” ujar Politisi dari Partai Gerindra NTB ini.

Caleg nomor urut 8 DPR RI Dapil NTB 2/Pulau Lombok ini mengingatkan untuk membuka bisnis harus tepat trand dan waktunya.

“Massa kampanye ini bisnis fotocopy, cekak stiker/spanduk adalah bisnis yang lagi dicari-cari,” katanya.

Dia menjelaskan saat ini kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sudah mulai berkembang. Bahkan di beberapa hotel sudah mulai menggunakan sistem AI untuk menyapa pengunjung.

“Kita harus jaga-jaga 2045 generasi muda harus punya planning. Harus buat perencanaan lima tahun atau 20 tahun lagi mau jadi apa. Harus dikaji apa yang membuat kita happy, bidang apa yang ingin kita tekuni,” katanya.

Keempat, Partnership


Partnership kata Karioka merupakan suatu bentuk kerjasama dua orang atau lebih yang bersama-sama memiliki sebuah bisnis dengan tujuan menghasilkan laba atau keuntungan.

“Solusi partnership merupakan solusi yang penting untuk pengembangan perusahaan maupun diri kita,” katanya.

Caleg nomor urut 8 DPR RI Dapil NTB 2/Pulau Lombok ini menjelaskan keuntungan dalam bisnis partnership yaitu mendapat modal untuk mengembangkan bisnis, memiliki backup atau bantuan saat mengalami kerugian dan masalah hukum, tersedia modal cadangan apabila banyak mitra, mendapat pinjaman bukan dari bank dengan bunga minim, keuntungan dibagi sesuai porsi dan bisa berkonsultasi mengenai ide, rencana hingga strategi pemasaran.

“Ingat juga bisnis itu tidak selalu untung, bisa juga rugi. Ini menjadi sering masalah. Kadang masyarakat sering menuntut dan berpikir BUMN itu selalu untung,” kata dia.

Kelima, Kajian

Terakhir adalah kajian. Manfaat studi kelayakan studi yang dirasakan bagi pengusaha adalah dapat membantu mereka saat mengambil keputusan terkait bisnisnya. Sedangkan bagi pebisnis akan penting untuk dilakukan di awal rencana agar meminimalkan atau mencegah dari kerugian.

“Misalnya mau ke Narmada dalam waktu 1 jam, jika waktu cukup mungkin bisa menggunakan bus untuk biaya lebih murah. Tapi kalau 1 jam pakai mobil sudah boros,” ujarnya.

Kajian kata Karioka penting untuk menemukan yang lebih efisien dalam bisnis. (HAK*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button