Politik

22 Tahun Partai Demokrat : Antar SBY Sebagai Presiden hingga Prahara AHY jadi Cawapres

Mataram (NTB Satu) – Partai Demokrat merayakan hari jadi ke-22 tahun. Partai berlogo biru mercy itu didirikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY pada 9 September 2001.

Parpol besutannya ini mengantarkan SBY sebagai Presiden RI ke-6 dengan 2 periode yaitu 2004-2009 dan 2009-2014.

Mengutip dari laman resmi Partai Demokrat, demokrat.or.id, Partai Demokrat bertujuan untuk membawa SBY sebagai calon presiden. Ketika didirikan, partai ini mengindikasikan SBY karena kepopulerannya.

Hal itulah menjadi alasan SBY disiapkan menjadi Capres untuk Pemilu. Jalan satu-satunya untuk itu hanya mendirikan partai politik.

“Untuk mendirikan partai diperlukan konsep dasar dan platformnya. Maka, dibuatlah hal itu sesuai dengan keinginan SBY dengan rumusan yang kemudian hal ini dikerjakan tim dan diketuai oleh Krisna Bambu Apus,” dikutip dari Website Demokrat.

Berita Terkini:

Kemudian, diadakan rapat yang dipimpin oleh SBY langsung pada 12 Agustus 2001 di apartemen Hilton yang akan membentuk tim pelaksana. Pertemuan itu akan diadakan setiap hari dengan sejumlah tokoh, seperti Vence, mendiang A. Yani Wahid, Achmad Kurnia, Adhiyaksa Dault, Baharuddin Tonto, dan Shirati Syafei.

Selain pertemuan marathon setiap hari, dalam lingkungan Menkopolkam juga mengadakan diskusi-diskusi untuk pendirian sebuah partai untuk mobilisasi politik SBY yang dipimpin langsung oleh A. Yani Wachid.

Kemudian pada 19 Agustus 2001, diadakan kembali pertemuan yang akan menjadi cikal bakal pendirian partai itu.

Yang kemudian Vence menyatakan rencana pendirian ini akan tetap dilaksanakan dengan hasil yang terus dilaporkan pada SBY.

“Kemudian pada 20 Agustus 2001, Vence yang dibantu oleh Sutan Bhatoegana berusaha mengumpulkan anggota untuk realisasi partai politik yang sudah dibicarakan. Dari sini terbentuklah Tim 9 dengan 10 orang anggota. Pada tugasnya, tim ini akan mematangkan konsep-konsep pendirian partai politik,” tulisnya.

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button