Kota Mataram

Pengangguran di Mataram Tinggi, Akibat Angkatan Kerja Gengsi

Mataram (NTBSatu) – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Agustus 2023 sebesar 2,80 persen.

Tercatat, angka pengangguran di NTB turun sebesar 0,09 persen dibandingkan bulan Agustus 2022 (yoy) yaitu 2,89 persen.

Dalam skala nasional, TPT NTB menempati urutan ke-empat terendah dibanding provinsi-provinsi lain di Indonesia. Provinsi Banten tercatat menduduki peringkat pertama TPT Tertinggi sebesar 7,52 persen. Sementara TPT terendah berada di Provinsi Sulawesi Barat sebesar 2,27 persen.

Berita Terkini:

Sementara pada Provinsi NTB, dari 10 kabupaten/kota, Kota Mataram tercatat sebagai penyumbang angka pengangguran tertinggi di NTB.

“Tingkat pengangguran terbuka di Kota Mataram pada Agustus 2023 tercatat sebesar 4,78 persen, sedangkan tingkat pengangguran terbuka terendah di Kabupaten Lombok Utara yakni sebesar 1,4 persen,” ujar Kepala BPS NTB, Wahyudin pada wartawan saat press release berita statistik, Senin, 6 November 2023.

Ia menjelaskan, penyebab tingginya angka pengangguran di Kota Mataram disebabkan oleh angkatan kerjanya telah mengeyam pendidikan tinggi, sehingga lebih selektif memilih pekerjaan alias gengsi mengambil pekerjaan yang tidak setara dengan tingkat pendidikan mereka.

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button