Daerah NTB

Mengenal Upacara Bayuh Otonan yang akan Dijalani Dokter Wayan di Bali

Mataram (NTB Satu) – Dokter Wayan Tirta Sumadi disebut akan menjalani upacara Mebayuh Oton atau Bayuh Otonan. Dimana ia kini sudah berkumpul bersama keluarganya di Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali.

Ni Nyoman Latri, keluarga Dokter Wayan menjelaskan, saat ini kondisi Dokter Wayan sehat secara fisik. Dalam waktu dekat pihaknya akan mengupacarai Dokter Wayan, yakni upacara mebayuh di Hari Otonan.

Hal itu dilakukan untuk membersihkan Dokter Wayan secara rohani dan jasmani.

“Menurut kepercayaan kita, nanti saat otonan adik saya tepat di hari Saraswati. Kemungkinan akan dilakukan pembersihan secara niskala, yakni bayuh oton atau lainnya,” ucapnya, dikutip dari Tribunnews, Senin, 8 Mei 2023.

Pihak keluarga tak menampik bahwa memiliki kecurigaan terhadap psikologis Dokter Wayan.

Bayuh Oton sendiri diyakini dapat menetralisir derita bawaan. Otonan adalah upacara agama Hindu untuk memperingati hari kelahiran seseorang yang jatuh setiap 210 hari atau 6 bulan sekali, berdasarkan perhitungan Kalender Bali.

Upacara Bayuh Oton menjadi sangat penting ketika yang bersangkutan mengalami kejadian-kejadian istimewa dalam perjalanan hidupnya.

Adapun upacara akan dilakukan di Merajan (tempat suci keluarga) dan dipimpin oleh seorang Pemangku. Biasanya seluruh anggota keluarga ikut hadir menyaksikan.

Sebelumnya, Dokter Wayan viral usai video rumahnya di Karawang yang terbengkalai dan penuh sampah beredar di media sosial. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button