Pendidikan

Kurangi Beban Administrasi Dosen, Ditjen Diktiristek Luncurkan Sister Berbasis Cloud

Mataram (NTB Satu) – Pengisian data administrasi dosen kerap menjadi masalah, karena tidak sinkronnya data yang tersimpan di perguruan tinggi dengan kementerian. Hal ini menjadi beban dosen yang harus mengisi data berulang kali dan mengganggu kinerjanya sebagai seorang dosen.

Menanggapi permasalahan itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) meluncurkan Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (Sister) berbasis cloud, yang digunakan untuk menyimpan data administrasi layanan dosen dalam satu sistem,

Sister versi cloud ini menghadirkan tiga keunggulan utama, yaitu platform yang lebih tersentralisasi, sinkronisasi data secara otomatis, dan peningkatan keandalan sistem. Keunggulan tersebut sangat penting dalam meringankan aktivitas layanan dosen, di antaranya layanan Perubahan Data Dosen (PDD), layanan Beban Kerja Dosen (BKD), dan layanan Sertifikasi Dosen (Serdos).

Baca Juga:

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof. Nizam mengatakan, Sister hadir sebagai platform untuk seluruh proses karier dosen yang mendukung transformasi birokrasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam rangka mengurangi beban kerja dosen dalam melaksanakan tugas yang bersifat administratif.

Nizam menambahkan aplikasi sistem berbasis cloud ini hadir dengan berbagai kemudahan akses yang menjadi jawaban dari persoalan kendala sistem aplikasi Sister terdahulu.

Ia mengungkapkan, beberapa kali mendapat keluhan sistem down karena dampak dari search demand yang sangat tinggi dan Sister yang sebelumnya masih berbasis pada server yang ada di kementerian.

“Untuk mengantisipasi ke depannya, kita mengembangkan Sistem berbasis cloud sehingga akses itu akan lebih reliable, aman, secure, dan mudah bagi rekan-rekan dosen,” tambahnya saat kegiatan peluncuran Sister secara daring, Kamis, 10 Agustus 2023.

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button