Pendidikan

Kembangkan Potensi Siswa bidang Kewirausahaan melalui Kegiatan ‘Expo’ Sekolah

Mataram (NTB Satu) – Sekolah menjadi tempat mengembangkan potensi seluruh siswa secara akademik maupun nonakademik. Hal itu bertujuan membangun rasa percaya diri dan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk menumbuhkan kepribadian masing-masing siswa.

SMPN 7 Mataram juga mengembangkan potensi siswa melalui gelaran “SPENJU EXPO” pada 13 sampai 14 Maret 2023 mendatang.

Kegiatan tersebut berfokus tentang kewirausahaan dengan mengajarkan siswa mengidentifikasi potensi ekonomi dan peluang usaha di tingkat lokal.

Pihak sekolah juga mengajarkan masalah yang ada dalam pengembangan usaha, serta kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial, dan kesejahteraan masyarakat.

“Tujuannya untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa,” ungkap Kepala SMPN 7 Mataram, Imam Purwanto, S.Pd., Sabtu, 11 Maret 2023.

Imam menjelaskan, gelaran “SPENJU EXPO” juga sebagai wadah kolaborasi beberapa mata pelajaran dan mempresentasikan program-program sebelumnya.

“Tidak hanya prakarya, tetapi pelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia kami coba kombinasikan dan bikinkan kegiatan Spenju Expo,” jelasnya.

Saat kegiatan expo mendatang, kata Imam, pihaknya juga akan menampilkan program kearifan lokal dan hasil produk program gaya hidup berkelanjutan.

“Pupuk kompos dan kerajinan dari sampah akan kami tampilkan. Beberapa siswa juga akan menggunakan pakaian adat,” tambah Imam.

Terkait persiapannya, para guru sedang melakukan pendampingan dan mengarahkan siswa agar tampilan produk memiliki nilai jual.

“Saat ini para guru sedang mendampingi siswa,” ujar Wakil Kepala SMPN 7 Mataram Bidang Kurikulum, Satria Irwandi, S.Pd., M.Pd.

Sebab, konsep pendidikan sekarang berpusat kepada siswa, lanjut Irwan, maka guru hanya mendampingi, mengkoordinir, dan mengarahkan. “Anak-anak yang aktif menyampaikan idenya,” jelasnya.

Irwan menambahkan, walaupun sedang pendampingan, tetapi para guru sudah jauh-jauh hari menyampaikan kepada siswa bahwa bakal ada kegiatan tersebut.

“Dari hari Senin berlangsung diskusi bersama anak-anak dan mereka sangat antusias untuk kegiatan expo,” tambah Irwan. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button