WSBK

Penonton WSBK 2023 Tembus 59 Ribu Orang

Lombok Tengah (NTB Satu)- Event World Superbike (WSBK) Mandalika 2023 telah berakhir Minggu 5 Maret 2023. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan berdasarkan hasil kalkulasi Dorna, jumlah penonton hingga berakhirnya balapan mencapai 59 ribu orang.

Menparekraf mengatakan, terdapat kenaikan jumlah penonton pada event WSBK 2023 dibanding WSBK 2022, sebanyak 15 persen.

“Ini angka jumlah penonton per tanggal 5 Maret 2023 dari pihak Dorna sebanyak 59 ribu lebih. Sedangkan WSBK 2022 sebanyak 51 ribu,” ungkap Menparekraf di Media Center Indonesia (MCI) di dampingi Kadispar NTB Jamaluddin Malady, Kadiskominfotik NTB, Najamuddin Amy dan Direktur MGPA, Priandhi Satria, Minggu 5 Maret 2023.

Menurutnya, ini adalah jumlah yang sangat membanggakan dan bagian dari sejarah penyelenggaraan WSBK di Indonesia dengan jumlah penonton yang terus meningkat. Meski demikian, ada evaluasi yang akan dilakukan untuk penyelenggaraan yang lebih baik kedepannya.

Pihaknya kata Sandi telah melakukan promosi yang sangat intens terkait dengan pelaksanaan WSBK di Sirkuit Mandalika. Promosi dilakukan lebih banyak berbasis televisi dan digital karena cakupannya luas dan efektif.

“Tahun lalu kita tanyakan ke penonton, mereka datang ke sini karena dapat informasi dari televisi sebanyak 75 persen. 24 persenan dari digital dan sosial media. Kurang dari 1 persen orang dapat info dari billboard. Jadi kita tak banyak promosi lewat billboard,” katanya.

Mengenai informasi okupansi hotel yang dinilai rendah selama WSBK ini, Menparekraf meminta kepada semua pihak supaya tidak terlalu cepat mengambil kesimpulan, karena harus ada metode untuk mengukurnya.

“Kemenparekraf akan turunkan tim untuk mendata dampak ekonomi maupun dampak sosial WSBK 2023. Mari kita buat narasi yang bisa menggugah wisawatan ingin berkunjung ke Indonesia, terutama ke NTB untuk menonton event-event,” pintanya.

Yang jelas lanjutnya, event WSBK 2023 ini sukses. “Mari rubah mindset supaya orang luar percaya bahwa event yang diselenggarakan di Sirkuit Internasional Mandalika sukses,” pungkasnya. (ZSF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button