BERITA NASIONAL

Super Unik, Sepatu Kulit Ceker Ayam Buatan Bandung Tembus Pasar Dunia

Mataram (NTB Satu) – Jika biasanya kita melihat sepatu dibuat dari kulit ular dan buaya, kali ini lain halnya dengan sepatu kulit buatan Bandung.

Pemuda asal Kota Bandung, Jawa Barat, Nurman Farieka Ramdhany dengan kemampuan kreatifnya menyulap kulit ceker ayam menjadi sepatu kulit kualitas tinggi.

Sebelum akhirnya memproduksi sepatu tersebut, Nurman bersama sang ayah melakukan riset terlebih dahulu pada tahun 2015.

Setelah riset dan atas dasar agar eksportir kulit buaya dan ular tidak berlebihan, kulit ceker ayam pun dipilihnya menjadi bahan sepatu yang memiliki nilai ekslusif dan eksotis yang tinggi.

IKLAN

Produk sepatu yang dibuatnya ini tidak hanya diminati oleh konsumen dalam negeri, tapi banyak diminati juga oleh pembeli dari sejumlah negara di Asia dan Eropa.

“Untuk harga jenis pantofel, sneaker dan custom, dijual mulai dari Rp500 ribu hingga Rp2 juta. Tergantung dari tingkat kesulitan,” kata Nurman, dikutip dari pasjabar.com.

Nurman menjelaskan, untuk membuat sepasang sepatu tersebut, pertama-tama ceker ayam direndam dengan air bersih selama beberapa jam. Lalu kupas dan pisahkan kulit ceker ayam dengan tulangnya.

Kulit ceker ayam yang telah dikupas kembali rendam selama beberapa jam. Lalu keringkan selama 5 hari.

“Setelah itu, proses pembuatan sepatu melewati tiga tahap. Yakni upper, penyusunan dan lasting. Butuh waktu satu hari untuk membuat sepasang sepatu,” jelasnya. Bagi yang tertarik memakai sepatu dari kulit ceker ayam ini, bisa langsung pesan ke Instragram @hirka.official atau datang langsung ke jalan Mohamad Toha, Kota Bandung.(RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button