Daerah NTB

Tetap Berhati-hati, Ada Potensi Hujan Angin hingga Gelombang Tinggi Selama Tiga Hari ke Depan

Mataram (NTB Satu) – Dalam Peringatan Dini Cuaca Wilayah NTB yang dikeluarkan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid (Stamet ZAM), masih terdapat potensi terjadinya cuaca ekstrem di wilayah NTB selama tiga hari ke depan.

Dimana pada Selasa, 10 Januari 2023, diprakirakan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang akan melanda Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Bima, dan Dompu.

Lalu pada hari berikutnya, cuaca ekstrem diprakirakan akan terjadi di Kota Mataram, Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Kota Bima, dan Dompu.

Kemudian pada Kamis, 12 Januari 2023, kondisi cuaca yang sama akan melanda Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Timur, Sumbawa, Kota Bima, dan Dompu.

IKLAN

Selain itu, gelombang air laut dengan ketinggian sekitar 2 meter diprakirakan terjadi di Selat Lombok bagian utara dan selatan, Selat Alas bagian selatan, Selat Sape bagian selatan, dan Samudera Hindia di selatan NTB.

Karena itu, seluruh masyarakat terutama di bagian pesisir, diimbau untuk tetap waspada akan adanya dampak bencana yang ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrem tersebut.

“Waspada dan berhati-hati dengan dampak bencana yang ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, genangan air, angin kencang, kilat dan petir, hingga pohon tumbang,” ujar Prakirawan BMKG Stamet ZAM, M Alfiansyah Pradana, Selasa, 10 Januari 2023. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button