Mataram

Rencana Pembelian Mobil Listrik Wali Kota Mataram Dipertanyakan Dewan

Mataram (NTB Satu) – Setelah melalui rangkaian Rapat Paripurna yang panjang, penetapan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Mataram Tahun Anggaran 2023 telah disetujui DPRD Kota Mataram pada Selasa, 29 November 2022.

Namun dalam RAPBD tersebut, terdapat anggaran Rp2,7 miliar yang menjadi pertanyaan Ketua DPRD Kota Mataram, Didi Sumardi, karena diperuntukkan untuk membeli tiga unit mobil listrik untuk Kepala Daerah Kota Mataram.

“Yang kita pertanyakan itu, apakah ini (pembelian mobil listrik) akan menjadi prioritas? Mengingat masih banyak daerah yang menolak,” ucap Didi seusai rapat.

Penerima mobil listrik itu tidak dirincikan. Namun dalam Inpres Nomor 7/2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah, maka dapat dipastikan peruntukkan mobil listik itu kepada Wali Kota, Wakil Wali Kota, dan Sekda Kota Mataram.

Selain itu, yang sebelumnya menjadi sorotan Dewan yaitu RSUD Kota Mataram yang dinilai masih kurang mandiri sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), karena masih menerima kucuran dana senilai Rp50 miliar dati APBD Kota Mataram Tahun 2023.

Terpisah, Wali Kota Mataram, H. Mohan Roliskana menyebutkan, Laporan Gabungan Komisi Dewan Terhadap Nota Keuangan dan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2023 untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah.

“Segala langkah dan upaya ini bisa bermanfaat bagi lancarnya penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kepada masyarakat di masa yang akan datang,” ucap Mohan.

Selanjutnya, sesuai peraturan Perundang-Undangan yang mengatur tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, RAPBD Kota Mataram Tahun Anggaran 2023 yang telah mendapatkan persetujuan DPRD Kota Mataram selanjutnya dievaluasi untuk mendapatkan pengesahan dari Pemerintah Provinsi NTB, sebelum APBD ditandatangani oleh Wali Kota Mataram. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button