IKLAN
Advertorial

Distanbun NTB Berkunjung ke Lombok Utara, Saksikan Proses Pengubinan Demplot

Mataram (NTB Satu) – Tim Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) NTB bersama Dinas Pertanian Lombok Utara telah menyaksikan proses pengubinan demplot produk program pemberdayaan petani.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan NTB, Drs. H. Fathul Gani M.Si., mengatakan, lokasi pengubinan demplot terletak di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara.

IKLAN

“Kegiatan ini terkonsentrasi di luar periodisasi musim tanam II,” ujar Fathul, Selasa, 22 November 2022.

Menurut keterangan Fathul, hasil demplot pada musim ini mengalami peningkatan yang luar biasa, sebelum menggunakan produk milik Kelompok Tani Bestari, didapatkan produktivitas Gabah Kering Panen (GKP) 8 ton per hektare.

“Setelah menggunakan, jumlahnya meningkat menjadi 9,8 ton per hektare,” terang Fathul.

Peningkatan hasil pada musim tanam II tidak terlepas dari aplikasi produk yang hasilkan oleh kelompok tani Bestari seperti Trichokompos, Trichoderma Cair, Metarhizium, Beauveria Bassiana dan Pestisida Nabati.

Pengubinan adalah penyusunan daerah-daerah segi banyak yang menutupi sebuah bidang secara komplit yaitu tanpa penindihan ataupun celah.

Sedangkan, Demplot atau Demontration Plot itu sendiri adalah metode penyuluhan pertanian yang ditujukan kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan, dengan maksud agar para petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button