IKLAN
Mataram

Cabai Merangkak Naik, Tomat Anjlok di Mataram

Mataram (NTB Satu) – Harga sejumlah bahan pokok dan penting (bapokting) di Kota Mataram merangkak naik. Seperti yang terpantau di Pasar Kebon Roek, Ampenan pada Kamis, 29 September 2022, harga cabai rawit masih terbilang cukup tinggi yaitu Rp55 ribu per kilogram.

“Cabai rawit sekarang Rp50 ribu per kilogram, kalau harga standarnya Rp30-an ribu,” ujar seorang pedagang di Pasar Kebon Roek, Agus.

IKLAN

Selain itu, di lapak Hj Sumarni, kenaikan harga juga terjadi pada telur ayam, yang harganya hampir menyentuh Rp60 ribu per tray. Begitupun dengan kedelai, yang baru-baru ini menyentuh harga Rp13 ribu per kilogram.

“Kedelai yang naik sekarang, jadi Rp13 ribu, kalau sebelumnya di bawah Rp10 ribu,” tutur Hj Sumarni.

Kenaikan harga tersebut, diakui berimbas kepada jumlah penjualan yang menurun. Para pembeli lebih memilih untuk mengurangi jumlah pembelian demi menghemat pengeluaran rumah tangga.

Kondisi sebaliknya terjadi pada tomat, sejak beberapa minggu terakhir harga jualnya terjun bebas. Bahkan dalam sebuah video yang tidak lama ini viral, seorang petani di Lombok membuang-buang hasil panennya karena harga jual yang terlampau rendah.

“Yang turun sekarang ini tomat sama cabai merah besar. Tomat kami jual di sini Rp5 ribu (per kilogram), tapi kalau di pengepul kami ambil Rp2.500. Kalau cabai merah besar sekarang Rp30 ribu (per kilogram), biasanya di atas Rp45 ribu,” tutup Agus. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button