Kota Mataram

Demo Tolak Sekjen PDIP di Unram Ricuh, Aksi Balasan Bela Rocky Gerung

Mataram (NTB Satu) – Ratusan mahasiswa Universitas Mataram (Unram) melakukan unjuk rasa menolak kehadiran Sekretaris Jenderal (Sekjend) PDIP, Hasto Kristiyanto untuk mengisi kuliah umum pada Kamis, 15 September 2022 siang. Namun mereka dicegat oleh satpam saat hendak masuk ke area Rektorat Unram.

Dicegatnya massa aksi tersebut, dengan alasan pihak Rektorat sedang bekerja, dan Hasto sebentar lagi sampai ke Rektorat Unram. Massa aksi yang saat itu berorasi di Fakultas Teknologi Pangan atau tepat di sebelah Rektorat Unram dilarang menggunakan pengeras suara. Bentrok antar mahasiswa dan satpam pun terjadi hingga mikrofon orator hancur karena direbut paksa.

IKLAN

“Saya sudah sampaikan ke atas (Rektor), katanya, kalau mereka tidak mau berhenti (orasi), tarik saja miknya. Hanya tarik menarik mik, bukan main fisik,” ujar Koordinator Satpam Keamanan Unram, Yong seusai kericuhan.

Lantas kericuhan lanjutan pun terjadi, mulai dari aksi saling dorong, tarik-menarik spanduk hingga perampasan mik hingga rusak.

Alasan penolakan tersebut, karena mahasiswa tidak rela setelah Unram menolak Rocky Gerung, sedangkan praktisi partai seperti Hasto diberi karpet merah masuk Unram. Penolakan Unram terhadap Rocky Gerung membuat acara kuliah umum Rocky Gerung harus diselenggarakan di luar kampus.

Dalam orasinya, menurut mahasiswa, Rocky Gerung lebih layak hadir di Unram, selain karena memiliki kapasitas intelektual yang tinggi, juga tidak masuk dalam koalisi manapun. Mereka ingin agar acara kuliah umum yang akan diisi oleh Hasto segera dibatalkan demi kemurnian kampus dari kepentingan politik.

IKLAN

“Kami tidak ingin laboratorium intelektual (kampus) kita ini dinodai oleh kepentingan politik praktis. Kami tidak ingin kampus ini tersentuh oleh intrik-intrik politik praktis,” tutur Sekjend BEM Unram, Muh. Isnaini Hamidi dalam konferensi pers.

Hamidi menegaskan mereka meminta Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo agar lebih terbuka atas segala persoalan yang ada di Unram.

Hingga unjuk rasa itu bubar, massa aksi tidak kunjung berhasil masuk ke Rektorat Unram.

Kuliah umum Sekjend PDIP itu pun dilangsungkan secara tertutup di Gedung Rektorat pada pukul 14.00 Wita. (RZK)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button