Mataram

Penerima BSU di Kota Mataram Masih Dalam Verifikasi, Kapan akan Cair?

Mataram (NTB Satu) – Jumlah keseluruhan pekerja di Kota Mataram yang menjadi penerima Bantuan Subsidi Upah (SBU) pada tahun 2022 masih dalam tahap verifikasi oleh pihak Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Mataram dan BPJS Ketenagakerjaan Mataram.

Hal itu disampaikan Kepala Disnaker Kota Mataram, H. Rudi Suryawan, Selasa 13 September 2022. Namun sembari dilakukannya verifikasi secara menyeluruh, beberapa pekerja di Kota Mataram yang telah terverifikasi sudah menerima penyaluran BSU sebesar Rp600 ribu sejak Senin, 12 September 2022.

“Memang pencairannya tidak serempak, jadi siapa yang sudah selesai diverifikasi dan memenuhi syarat-syarat untuk diberikan bantuan, langsung ditransfer oleh kementerian, jadi bertahap,” terangnya.

Sedangkan untuk aturan penerima sendiri, mengacu pada surat peraturan yang dikeluarkan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI.

“Syaratnya, terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan setidaknya hingga Juli 2022, gaji di bawah Rp3,5 juta, dan tidak menerima bantuan sosial lainnya seperti PKH dan lain-lain,” ujar Rudi.

Sedangkan jumlah pekerja yang terdata di Kota Mataram sekitar 26 ribu orang, namun yang akan terverifikasi menerima BSU bukanlah semuanya. Jumlah penerima BSU tahun ini diperkirakan tidak jauh beda dengan penerima BSU (Covid-19) pada tahun lalu, yaitu sekitar 7 ribu orang.

Namun Rudi menginformasikan, apabila ada pekerja yang tidak mendapatkan BSU padahal memenuhi semua persyaratan sebagai penerima, pekerja tersebut dapat mengadu ke Disnaker Kota Mataram untuk ditindaklanjuti. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button