Politik

KAMMI Mataram Sebut Debat Capres Ketiga Hanya Perang Gimmick dan Tidak Produktif

Mataram (NTBSatu) – Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Daerah Mataram menyebut debat Capres saat ini hanyalah perang gimmick saja.

Ketua KAMMI Mataram Khairul Muamalah mengatakan, perang visi misi dan adu gagasan sangat nihil dipertontonkan. Selebihnya hanyalah guyonon politik semata. Alhasil, pendidikan politik tidak dihasilkan terlebih kepada generasi Z dan milenial.

“Setelah debat itu yang lebih disorot itu hanya gimmicknya aja, Jadi saling serang di hal yang teknis aja, jadi substansi program itu tidak terlalu di sorot, nggak produktif,” paparnya kepada NTBSatu Sabtu, 6 Januari 2024.

Baginya, dalam debat Capres ketiga nanti, haruslah ada keberanian bagi seluruh kandidat untuk menyuguhkan debat yang berkualitas.

Disamping membongkar kelemahan lawan juga harus ada kemampuan menyampaikan kelebihan yang akan ditawarkan kepada masyarakat Indonesia.

Jika model debat yang ditampilkan nanti masih sama dengan debat yang pertama. Menurutnya, itu sama saja melecehkan semangat anak muda yang ingin lebih jauh mengenal dunia politik. Politik yang berkarakter dan beradab masih sulit didapatkan di Indonesia.

“Sehingga anak muda itu, semacam dilecehkanlah, karena hanya disuguhkan dengan hal yang seperti itu. Kan di NTB ini kan generasi milenial itu lebih dari 58 persen, Semua generasi milenial sudah mengakses internet, tiap hari kita berinteraksi dengan medsos,” jelasnya.

Baca Juga: Kemenlu Bantah Kapal Israel Berlabuh di Indonesia

Penampilan debat yang memukau dapat meyakinkan pemilih, apalagi bagi anak muda yang merupakan segmentasi pemilih yang besar.

“Sehingga pemuda juga tahu bahwa inilah program yang bagus untuk anak muda,” tandasnya.

Untuk informasi, Berdasarkan pengumuman yang dirilis KPU, jadwal debat ketiga Pilpres 2024 bakal dilaksanakan pada Minggu, 7 Januari 2024, tepatnya pukul 19.00 WIB.

Debat ketiga Pilpres 2024 ini diikuti oleh tiga kandidat capres, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Debat capres tersebut akan disiarkan di sejumlah stasiun televisi nasional dengan total durasi 150 menit, sesi debat mencakup enam segmen selama 120 menit, dan sisanya adalah iklan.

Adapun, tema debat yang akan dilaksanakan pada debat capres ketiga Pilpres 2024 adalah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik.

Sebelumnya, pada debat pertama capres tema yang diangkat adalah Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga. (ADH)

Baca Juga: IAIH Pancor Bentuk 9 UKM Baru, Mulai dari Bahasa Asing hingga Sinematografi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button