Sumbawa

Kapal Wisata Menuju Labuhan Bajo Kandas di Pulau Medang, Tidak Ada Korban Jiwa

Mataram (NTB Satu) – Sebuah kapal wisata dengan nama ‘Ikan Terbang’ mengalami permasalahan pada bagian mesin di sekitar perairan Pulau Medang Kabupaten Sumbawa, Kamis 26 Mei 2022 sekitar pukul 02.30 Wita.

Akibat peristiwa itu, penumpang dan awak kapal yang berada di atas kapal tersebut harus dievakuasi.

IKLAN

Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit PH menjelaskan, pihaknya menerima laporan kejadian tersebut dari salah satu penumpang kapal sekotar pukul 03.00 Wita. Dari kejadian itu, personil Pos SAR Sumbawa diterjunkan dengan menggunakan rigit inflatable boat (RIB) untuk melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan dengan dibantu potensi SAR sekitar.

“Saat ditemukan, posisi kapal miring akibat kandas di selatan Pulau Medang,” kata Nanang.

Nanang menyebutkan, jumlah penumpang yang ada di dalam kapal sebanyak empat orang, yakni Haris 31 tahun, Kesyono 48 tahun, dua warga negara asing asal Prancis dengan nama Philips 68 tahun dan Niko 31 tahun. Sedangkan dua orang lainnya Hanafi 35 tahun selaku nakhoda kapal dan Hasanudin 32 tahun anak buah kapal (ABK).

“Pukul 07.00 Wita, seluruh penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat ke Pelabuhan Badas,” ungkapnya.

IKLAN

Sementara nakhoda dan ABK masih berada di atas kapal tersebut. Hal ini berdasarkan permintaan yang bersangkutan, menunggu bantuan tiba untuk penarikan kapal.

Menurut keterangan Hanafi, kapalnya mengalami permasalahan pada mesin saat berlayar dari Lombok menuju Labuhan Bajo, NTT. Untuk keamanan, ia berusaha mengkandaskannya. (MIL)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button