MXGP

Sukses MXGP Samota, Menparekraf RI Jadikan NTB Pusat Olahraga Motor Internasional

Sumbawa (NTB Satu) – Perhelatan Motocross Grand Prix (MXGP) of Indonesia 2022 di Rocket Motor Circuit Samota telah sampai di hari puncak, Minggu, 26 Juni 2022. Dengan suksesnya gelaran MXGP, pemerintah Indonesia berencana akan menjadikan Provinsi NTB sebagai pusat dari olahraga motor kelas internasional.

Melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, Presiden Joko Widodo ingin melihat peningkatan kerja sama dari gelaran MXGP. Pemerintah Indonesia berharap MXGP membantu perekonomian Indonesia pulih setelah pandemi Covid-19.

IKLAN

“Pulau Sumbawa masuk ke dalam wilayah destinasi super prioritas untuk pengembangan pariwisata dalam provinsi NTB,” ungkap Sandiaga, saat konferensi pers Upacara Pembukaan MXGP di Rocket Motor Circuit Samota, Minggu, 26 Juni 2022.

Sandiaga turut mengucapkan selamat datang kepada seluruh pembalap dan kru MXGP menuju trek yang indah, Rocket Motor Circuit Samota. Pemerintah Indonesia benar-benar memuji seluruh pembalap dan kru MXGP untuk kedatangan yang pertama kalinya ke Sumbawa.

“Samota punya trek bagus, dan sangat sempurna untuk sebuah balapan. Saya dengar seluruh pembalap sangat tertarik untuk segera melakukan balap di Rocket Motor Circuit Samota,” terang Sandiaga.

Sandiaga menghaturkan apresiasi yang dalam atas kreativitas dan kemampuan seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan MXGP of Samota. Menurutnya, Gubernur NTB telah memberikan dukungan penuh untuk gelaran MXGP.

Perhelatan MXGP 2022 di Rocket Motor Circuit Samota dipercaya bakal menjadi perhelatan yang menakjubkan. Sandiaga berharap gelaran MXGP menunjukkan unsur sportifitas yang tinggi.

“Selamat kepada Pak Gubernur, seluruh masyarakat NTB, khususnya masyarakat Pulau Sumbawa. Kepada seluruh pembalap, tetap sehat dan nikmatilah seluruh keindahan yang dimiliki oleh Pulau Sumbawa,” tandas Sandiaga.

Sementara itu, CEO Infront, David Luongo merasa sangat terhormat ketika mendapatkan penyambutan yang begitu hangat oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, saat pertama kali mendarat di Pulau Sumbawa, David merasa seperti sedang di rumahnya sendiri, Italia. Secara personal dan jujur, David tidak pernah mendapatkan penyambutan yang terasa seperti di rumah sendiri kecuali di Pulau Sumbawa.

“Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepara Pak Gubernur dan seluruh pihak yang telah berusaha keras menyukseskan gelaran MXGP,” ungkap David, saat konferensi pers Upacara Pembukaan MXGP di Rocket Motor Circuit Samota, Minggu, 26 Juni 2022.

Selain itu, David telah melihat bahwa Rocket Motor Circuit Samota adalah salah satu sirkuit terindah yang pernah dijadikan lokasi balapan MXGP. Pemerintah Indonesia mesti berbangga atas pencapaian yang telah diraih oleh seluruh kru MXGP of Samota.

“Setelah pandemi Covid-19, para pembalap MXGP perlu dapat suasana yang baru dan balap di luar Eropa. Pasalnya, MXGP merupakan kelas kejuaraan motor yang bersifat global, bukan hanya di benua Eropa,” terang David.

Menurut David, MXGP memiliki banyak penggemar di Indonesia. Sebagai negara yang besar, David menyayangkan bila Indonesia hanya memiliki satu atau dua sirkuit MXGP. Infront berharap Indonesia memiliki sirkuit lebih banyak. Pasalnya,  kemampuan dan seluruh organisasi pendukung balapan lainnya di Indonesia sangat bagus.

“Bangga dapat berkunjung dan menggelar balapan lagi di Indonesia, khususnya di Pulau Sumbawa. Semoga para penonton menikmati seluruh hal mengenai balapan yang telah disajikan. Tahun depan, kami akan kembali lagi menuju Pulau Sumbawa,” tandas David.

Sedangkan Direktur Federation Internationale Motorcycle (FIM) Antonio Carera juga turut merasa terhormat manakala mendapat sambutan dari seluruh masyarakat di Pulau Sumbawa. Terlebih kepada masyarakat Pulau Sumbawa yang telah menyambut dengan hangat.

“Sambutan seperti di Pulau Sumbawa, tidak pernah kami dapatkan di negara mana pun,” ungkap Antonio.

Menurut Antonio, MXGP merupakan platform yang tepat untuk memperkenalkan Pulau Sumbawa kepada dunia.

“Jadi, terima kasih banyak dan saya harap seluruh penonton menikmati suguhan yang telah kami siapkan,” pungkas Antonio. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button