Advetorial

Sebelum ke Jepang, Pemustaka Manfaatkan Literatur tentang Jepang di Perpustakaan Daerah NTB

Mataram (NTB Satu) – Tidak hanya siswa dan mahasiswa, Perpustakaan Daerah NTB milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB kerap dikunjungi oleh kalangan umum. Salah satunya adalah Saiful Bahri, seorang lulusan Fakultas Teknik Universitas Mataram yang melamar kerja di Jepang. Saiful telah meminjam berbagai literatur tentang Jepang.

“Susah sekali mengakses berbagai referensi mengenai Jepang. Karena nanti saya akan bekerja di sana, saya kira penting untuk memahami budaya Jepang terlebih dahulu,” ungkap Saiful, ditemui NTB Satu di Perpustakaan Daerah NTB, Selasa, 10 Mei 2022.

Saiful menceritakan, telah meminjam buku berjudul 200 Kanji yang Paling Sering Digunakan karya Windra Swastika dan William Prathama Nugraha. Buku tersebut merupakan langkah awal untuk mempelajari Kanji. Pembahasan difokuskan pada 200 Kanji yang memang paling sering muncul dan digunakan serta cara membaca Kanji.

“Belajar bahasa Jepang itu gampang-gampang susah. Tapi, selama bahan dasar belajarnya sudah ada, maka saya akan menikmatinya. Oleh karena itu, saya mau bilang terima kasih ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB karena sudah menyediakan buku yang saya butuhkan,” ujar Saiful.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, Julmansyah M.Ap., mengatakan, berbagai fasilitas yang tersedia dapat diakses oleh seluruh pengunjung. Bahan bacaan yang tersedia di perpustakaan daerah juga terus diperbarui. Setelah itu, dilakukan pendataan mengenai buku yang paling banyak dimininati.

“Buku-bukunya diganti terus. Peredaran bukunya juga berlangsung bagus dan tetap dikawal oleh para pegawai. Ada bahan bacaan yang cetak dan bahan bacaan non-cetak,” pungkas Julmanysah.

Julmansyah menerangkan, pelayanan mumpuni turut mendasari kepopuleran dan citra perpustakaan di kalangan masyarakat, khususnya pelajar dan mahasiswa. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button